tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya-untuk-kita-di-facebook

Ulasan Berbagai Tips Memilih Seorang Teman Agar Hidup Menjadi Lebih Baik

Tips Memilih Seorang Teman – Sudah beberapa hari saya tidak menulis mengenai hal-hal pribadi dalam diri saya. Gatal rasanya jika saya tidak bisa mengexplore apa yang ada terdapat dalam diri saya. Jika seseorang ingin bertumbuh dan berkembang maka ia harus bisa mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu.

Tips Memilih Seorang Teman

 

Saya bersyukur bisa menjadi diri saya sendiri walaupun banyak orang yang berusaha untuk menjadi orang lain. Meski saya bersyukur bisa menjadi diri saya sendiri, lantas saya tetap berusaha untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karna saya paham masih banyak kekurangan yang ada dalam diri saya.

Banyak orang yang berusaha bahkan sampe ketingkat ngotot agar ia bisa menjadi seperti orang lain. Misalnya ada seorang artis yang terkenal maka ia dengan segenap usaha dan hartanya mengupayakan dirinya agar bisa seperti artis yang ia idolakan. Walaupun pada kenyataannya sering kali orang-orang tersebut tidak bisa menjadi seperti seseorang yang ia idolakan.

tips-memilih-seorang-teman-dan-kawan-sejati-1

Jika seseorang yang ia idolakan adalah seseorang yang cocok dan pantas untuk di idolakan mungkin boleh-boleh saja tetapi jika seseorang yang ia idolakan adalah seseorang yang tidak pantas untuk di idolakan? Bagaimana jadinya kelak ia dimasa depan. Banyak sekali anak-anak di zaman sekarang mengidolakan seseorang yang tak pantas sama sekali untuk di idolakan.

Bagaimana mungkin seseorang mengidolakan orang yang haanya bisa berakting apik di depan kamera namun dalam kehidupan sehari-hari cenderung melakukan keburukan. Parahnya lagi anak-anak jaman sekarang mengidolakan orang yang berakting “kurang sopan” di depan kamera.

tips cara memilih mencari teman

Namun jika seseorang mengidolakan sesosok manusia yang menjadi suri tauladan bagi seluruh manusia yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam itu adalah hal yang wajar bahkan hal yang wajib. Sebagaimana anda tau Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam diutus oleh Allah Ta’ala untuk menjadi suri tauladan umat manusia.

Allah Berfirman dalam Surat Al Ahzab ayat 21 :

“Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”

Kita sebagai umat islam wajib hukumnya mencontoh segala perilaku dan perbuatan baik yang ada pada diri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam. Kenapa? Karena Nabi Muhammad Sallahi Alaihi Wassalam adalah manusia terbaik dimuka bumi ini.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam adalah manusia dengan akhlak yang terbaik”. (HR: Muslim dan Abu Dawud).

tips cara memilih mencari teman

 

Walaupun kita tidak bisa menjadi pribadi seperti Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, setidaknya kita berusaha untuk mencontohnya. Anda bisa membaca buku tentang perilaku Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam melalui buku-buku islam , video-video ataupun media lainnya mengenai perilaku sehari-hari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam mempunyai akhlak yang baik kepada istri-istrinya, sahabat dekatnya, tetangganya, saudaranya sampai kepada orang non muslim beliau terkenal mempunyai akhlak yang sempurna. Jika anda ingin mencari sosok yang pantas di idolakan maka Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam sosok yang paling pantas untuk di idolakan.

perilaku akhlak nabi muhammad dan contohnya

Dalam menjalani hidup ini kita tidak bisa lepas dengan yang namanya berhubungan sosial dengan manusia satu dengan yang lain. Kita saling berkenalan, saling mengenal dari segi bahasa, budaya dan kebiasaan dari orang lain yang berada di luar daerah kita. Apalagi kita yang tinggal di negara Indonesia tercinta ini yang memiliki ratusan bahasa dan ribuan keunikan disetiap daerah masing-masing.

Tentu hal tersebut membuat kita bisa memahami karakter masing-masing. Dengan demikian kita menjadi banyak memiliki teman dengan berbagai karakter, budaya dan bahasa. Semua itu membuat kita bisa beradaptasi dan saling memahami dan memaklumi satu dengan yang lain.

Kita boleh saja berteman dengan siapa saja, namun kita harus membatasi diri dan memilih teman yang baik agar kita tidak salah dalam bergaul. Teman juga bisa mempengaruhi karakter dan sifat kita di karenakan mau tidak mau kita harus mengikuti gaya dan perilaku mereka.

tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya

Sebagai contoh misal : Dahulu saya tidak terlalu suka main game online, namun teman-teman dekat saya suka sekali main game online. Hingga pada akhirnya saya kecanduan game online. Puluhan ribu saya habiskan dalam waktu 1 minggu bahkan ketika hari libur sekolah saya bermain game online di warnet dari malam sampe pagi.

Ketika bermain game online pun kami saling adu skill, siapa yang paling “dewa” diantara kita. Dewa disini memiliki arti “Jago”. Selain adu skill, kami juga adu pangkat, kami saling beradu untuk mendapatkan pangkat paling tinggi. Dalam sekali main game online terkadang kami menghabiskan uang sebanyak Rp. 17.000.

Saya menjadi pencandu game online karena teman dekat saya juga pemain game online. Semua itu terjadi karna dampak memiliki teman. Namun itu masih dalam tahap wajar menurut saya. Bagaimana jika misalkan anda memiliki seorang teman yang pencandu minum keras? Wahhh, jangan sampai deh anda memiliki teman seperti itu, karena bisa merusak tubuh dan masa depan anda.

Maka dari itu berhati-hatilah dalam memilih seorang teman, karena teman dapat mempengaruhi perilaku, sikap dan cara berpikir. Penulisngapak.com akan memberikan tips memilih seorang teman kepada anda agar anda bisa memilih dan memilah dengan siapa anda berteman.

 

Tips Memilih Seorang Teman

 

  • Memiliki Ilmu Agama yang Baik dan Benar

tips mencari memilih dan mencari seorang teman dan kawan sejati selamanya

 

Jika seseorang memiliki ilmu agama yang baik dan benar, Maka ia termasuk orang-orang yang pantas untuk dijadikan teman. Orang-orang seperti itu in sya Alloh akan selalu mengingatkan kita jika kita berperilaku atau berbuat salah.

Contoh simpelnya ketika misalkan anda sedang bermain bersama dia, namun ketika sedang asyiknya bermain tiba-tiba terdengar suara adzan. Jika anda berteman dengan seorang teman yang memiliki ilmu agama yang baik maka dia akan mengajak anda untuk pergi solat berjamaah dan menghentikan kegiatan sejenak.

  • Memiliki Pengetahuan yang Luas

tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya-untuk-kita

Teman yang memiliki pengetahuan dan ilmu yang luas menjadikan diri anda juga berilmu jika anda berteman dengan mereka. Misalkan jika ada suatu topik yang sedang dibicarakan namun anda belum mengerti isi dari topik yang sedang dibicarakan, jika anda memiliki teman yang mempunyai ilmu dan pengetahuan yang luas maka anda bisa bertanya ke dia tentang apa yang anda belum mengerti.

  • Umur yang Lebih Tua

tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya-untuk-kita-di-facebook

Ketika anda memilih teman yang memiliki umur yang lebih tua dari anda, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Contohnya anda akan mendapatkan ilmu pengalaman hidup dari mereka. Pengalaman hidup tidak akan bisa dimiliki disekolah manapun.

Pengalaman hidup merupakan hal yang penting untuk dipelajari agar dapat menambah wawasan anda. Contoh misal ketika hari ini anda belum menikah dan mau menikah maka carilah teman-teman yang sudah menikah bahkan sudah memiliki anak.

Jika anda berteman dengan mereka maka anda akan mendapatkan pengalaman hidup bagaimana cara menjalani hidup bersama istri, bagaimana caranya menghadapi istri jika sedang marah, bagaimana caranya merawat anak, bagaimana caranya mendidik anak dan lain sebagainya.

Saya sendiri suka mencari teman-teman yang umurnya lebih tua dari saya, agar saya dapat mempelajari bagaimana caranya mereka menjalani hidup ini, bagaimana cara berpikir mereka, bagaimana melewati kerasnya hidup ini, dan lain sebagainya.

  •  Tutur Kata Yang Baik

tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya-untuk-kita-di-facebook-dan-bbm

Tips selanjutnya adalah carilah teman yang memiliki tutur kata yang baik. Jika seseorang memiliki tutur kata yang baik, insya Allah apapun yang ia lakukan juga baik. Tutur kata juga bisa mencerminkan bagaimana perilaku dan sifat seseorang.

  • Sederhana dalam menjalani hidup

tips-memilih-dan-mencari-seorang-teman-dan-kawan-sejati-selamanya-untuk-kita-di-facebook-dan-bbm-twitter

Seiring berkembangnya zaman semakin banyak orang yang memiliki gaya hidup mewah. Namun ketika memiliki seorang teman pilihlah teman yang memiliki gaya hidup sederhana, walaupun terkadang susah mencari teman seperti itu, namun anda harus berusaha.

Memiliki seorang teman yang sederhana mengajarkan kita untuk hidup apa adanya. Tak perlu gengsi jika harus pake kaos oblong, tak perlu malu jika hanya punya handphone jaman dulu, tak perlu memaksakan diri membeli mobil, jika hanya mampu membeli motor. Buat apa bergaya jika bergaya justru malah membuat kita mempunyai hutang.

Maka dari itu Pandai-Pandailah dalam memilih teman, bertemanlah dengan semua orang namun jangan terpengaruh dengan teman yang memberikan dampak buruk terhadap diri anda. Jika anda menemukan teman yang dapat memberikan dampak buruk bagi anda segeralah jaga jarak dengan dia.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Tips Memilih Seorang Teman. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”