tempat-wisata-wonosobo

10+ Tempat Wisata Wonosobo Yang Harus Anda Tau

Tempat Wisata Wonosobo – Kota Wonosobo merupakan kota yang terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga anda. Kami akan menguraikannya beberapa hal saja dan semoga dapat membantu anda dalam menentukan tempat wisata yang cocok untuk anda ketika musim liburan tiba.

11 Tempat Wisata Wonosobo Keren Yang Harus Anda Tau

  • Tempat Wisata Air Terjun Sikarim Wonosobo.

tempat-wisata-wonosobo
http://www.idtempatwisata.com/

Tempat Wisata Wonosobo yang pertama yaitu air terjun Sakirin, air terjun ini berada tidak jauh dari telaga menjer, nanti kami akan jelaskan juga tentang tempat wisata telaga menjer.

Curug ini terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Untuk bisa menuju air terjun ini membutuhkan perjuangan ekstra, karena kita harus menapaki hutan dengan berjalan kaki.

  • Tempat Wisata Kebun Teh Tambi Wonosobo.

tempat-wisata-wonosobo
http://gondaloe.blogspot.co.id/

Tempat Wisata Wonosobo yang berikutnya yakni sebuah Agrowisata Tambi. Anda dapat menikmati udara sejuknya yang bersih, jauh dari kata polusi dan suara kebisingan. Sepanjang mata melihat hamparan kebun teh yang menghijau nan indah, membuat suasana pikiran menjadi tenang dan tentram.

Kebun Teh Tambi ini berlokasi di Kec. Garung, tepatnya di jalan arah menuju dieng. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sini anda juga dapat berwisata industri dengan berkunjung ke pabrik teh tambi dan bisa melihat proses pengolahan teh tambi.

Untuk wisata alam, Wonosobo mempunyai Agro Wisata Tambi yang terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian kurang lebih 1.200 – 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara disini rata-rata sedikitnya 15 derajat C, dan suhu udara maksimal 24 derajat C.

Di sini terdapat banyak arena liburan seperti fasilitas pondok wisata, , lapangan tenis, kolam pemancingan, kebun, taman bermain, dan parik teh. ”Agrowisata Tambi bisa menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berwisata . wisatawan yang ingin ke Gunung Dieng, kemudian menginapnya di Agrowisata Tambi. Kebetulan jaraknya lumayan dekat kata  pak Bambang, selaku pengelola obyek tempat wisata Tambi.

  • Tempat Wisata Telaga Menjer Wonosobo.

tempat-wisata-wonosobo
Mytrip123.com

Tempat Wisata telaga Menjer juga harus kita masukan dalam daftar kalau ingin berlibur ke Wonosobo.

Telaga ini sendiri sebenarnya terbentuk karena akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Di masa Lalu air di telaga menjer hanyalah dari beberapa mata air kecil saja di sekitar telaga dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini.

Disini anda dapat berkeliling waduk dengan menyewa sebuah perahu berukuran sedang sebesar Rp. 15.000 dan anda sudah bisa mengelilingi danau sambil berpoto pemandangan di sekitarnya. Dan jika anda hobi memancing ikan, tempat ini juga sering di disinggahi pemancing dari lokal maupun luar.

Semoga komunitas pembicara internet marketing yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini dapat mengunjungi serunya berwisata kesini.

  • Tempat Wisata Waduk Wadaslintang Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
Ngikik.Com

Tempat Wisata selanjutnya yaitu Waduk Wadaslintang yang menjadi waduk terbesar se Asia Tenggara.

Tidak tanggung-tanggung, waduk ini mempunyai luas lebih kurang 3.000 ha. berlokasi di wilayah perbatasan, yakni di Kabupaten Kebumen dan Wonosobo.

Waduk ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi pada saat berlibur ke Kota Wonosobo. Bagi kamu yang tinggal di kota purwokerto yukk segera kunjungi tempat wisata ini.

Waduk yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai pembangkit listrik, irigasi dan transportasi air dan budidaya ikan nila,menjadi tempat wisata yang cukup menarik, kita dapat menikmati indahnya waduk dari perahu.

  • Tempat Wisata Arum Jeram Serayu Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
tempat wisata wonosobo

Apakah suka kegiatan yang memacu adrenalin? Bagaimana kalau arung jeram? Anda dapat menguji adrenali di Sungai Serayu.

Arung jeram Serayu semakin populer dan diminati oleh anak muda yang ingin menguji adrenalinnya untuk bisa menaklukkan keganasan sungai serayu ini.

Sungai Serayu sendiri berlokasi di Kabupaten Wonosobo . Sungai Serayu terletak pada ketinggian 500 meter (dpl) dan sangat mudah untuk menuju kesana karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Wonosobo dan kota Banjarnegara lebih pasnya berdekatan dengan jalan raya Tunggoro-Singomerto.

Mengenai tingkat kesulitan Arung Jeram Serayu yang bertempat di Kabupaten Wonosobo ini bervariasi, mulai dari grade dua, grade tiga dan grade empat dengan jumlah jeram sebanyak 30 jeram. Namun, bagi para peminat arung jeram yang sudah terbiasa berarung jeram dan ahli mengendalikan perahu, makin berat tingkat kesulitannya justru makin menarik dan asyik.

  • Tempat Wisata Pemandian Air Panas Kalianget Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
Mytrip123.com

tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya yakni tempat pemandian air panas, yang bernama kalianget. tempat wisata ini, berada di di Jalan Dieng Km. 3, Kalianget, Kota Wonosobo.

Taman rekreasi dan olah raga yang bertempat dalam satu kawasan , dengan fasilitas yang ada saat ini yaitu Hutan Kota, lapangan tenis, Kolam renang, taman bermain, lapangan bola, dan pemandian air panas.

  • Tempat Wisata Curug Winong Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
http://www.telusurindonesia.com/

Satu lagi Tempat Wisata air terjun di Wonosobo yang wajib anda jadikan sebagai destinasi wisata yakni curug winong. Tempat Wisata ini terletak di Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, kurang lebih 50 menit perjalanan dari pusat kota Wonosobo menuju selatan melalui jalur Wonosobo, Balaikambang, Selomerto dan Winongsari serta Curug Winong.

Untuk bisa menikmati cipratan air curug winong ini, anda harus berjalan kira-kira sekian ratus meter melewati jalan setapak sampai mencapai lokasi curug.

  • Tempat Wisata Telaga Warna Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
https://kangnarada.wordpress.com

Siapa yang tdk kenal dengan Tempat Wisata telaga warna. Telaga warna menjadi salah satu tempat wisata Dieng ini sudah tenar sampai ke mancanegara.

Telaga ini menjadi maskot wisata Wonosobo, khususnya Dieng. Kalau menurut kisah legendanya, warna yang muncul di permukaan telaga itu karena zaman dahulu kala ada cincin punya orang bangsawan yang jatuh ke dalam telaga itu. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga itu karena adanya pembiasan sinar cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Warna dominan dari telaga warna ini adalah berwarna hijau, biru laut dan putih kekuningan. Bila ingin meliat keindahan warna dari telaga warna, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga warna. Di disekitar tepian telaga, terdapat balkon yang bisa difungsikan sebagai tempat duduk bersantai sambil menikmati keindahan telaga warna ini.

  • Tempat Wisata Bukit Sikunir Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
http://manisancaricaku.blogspot.co.id/

Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang sudah populer dan diminati oleh anak muda adalah bukit Sikunir. Bukit Sikunir ini menjadi tujuan Tempat Wisata anak-anak muda yang ingin menikmati indahnya matahari terbit dari atas awan.

Lokasi bukit ini berada di di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Propinsi Jawa Tengah. Sikunir ini ada pada ketinggian 2.200 Mdpl. Diberi Nama bukit Sikunir dikarenakan bukit ini banyak membuat para pengunjung ketagihan berburu momen matahari terbit . Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir membuat warga setempat memberikan nama sikunir.

  • Tempat Wisata Sumur Jalatunda Wonosobo

tempat-wisata-wonosobo
Penulispro.com

Misalnya anda sudah berada di Kawasan Tempat Wisata Dieng, jangan sampai anda tidak mampir ke sumur Jalatunda yang berada di Desa Pekasiran. Lokasinya hanya berjarak sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama Tempat Wisata Dieng.

Sumur Jalatunda ini cerita dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi air dengan diameter kira-kira 90 meter dan kedalaman lebih kurang 250 meter. Karena air yang menggenang ini, ceruk ini tampak menyerupai sumur.

  • Tempat Wisata Kawah di Dieng Wonosobo

tempat wisata wonosobo
http://anekatempatwisata.com/

Kawasan Tempat Wisata dieng populer dengan kawahnya yang indah, terdapat banyak kawah yang dapat anda kunjungi, diantaranya adalah Kawah Sileri, Kawah Sikidang dan Kawah Candradimuka yang masih aktif.

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang dijadikan Tempat Wisata andalan  di Dieng dan lokasinya di wilayah Dieng bagian timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduantanah kapur dan hamparan bukit hijau di sekitar tanah kawah.

Mempunyai nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah seperti halnya Kidang (Dalam bahasa Jawa Kidang memiliki arti Hewan Kijang). Gejolak magma di kawah Sikidang terbilang cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

Kawah Sileri merupaka salah satu kawah paling besar di dataran tinggi Dieng dengan luas lebih kurang sekitar 4 hektar. Anda bisa mencapai kawah Kawah Sileri dengan perjalanan kira-kira sekitar 7 km dari kawasan Tempat Wisata utama Dieng.

Kawah ini masih mengeluarkan asap putih. Diberi nama Sileri dikarenakan air Kawah ini berwarna putih dan baunya seperti air bekas mencuci beras (dalam bahasa Jawa disebut leri).

Sedangkan Kawah Candradimuka adalah kawah yang dikenal di dalam cerita legenda pewayangan. Dalam legenda pewayangan diceritakan, Kawah Candradimuka merupakan tempat dimana Gatotkaca dimandikan sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa. Letak Kawah Candradimuka kira-kira 6 km dari pusat wisata Dieng.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai tempat wisata yang ada di wonosobo, semoga bisa bermanfaat. Jika musim liburan tiba anda boleh melakukan kunjungan wisata di kota wonosobo. Ada banyak sekali tempat wisata yang dapat anda kunjungi anda tinggal memilih tempat yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga anda.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang tempat wisata yang ada di wonosobo. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”