tempat wisata di madiun

Tempat Wisata Khas Di Madiun Yang Perlu Kamu Ketahui

Tempat Wisata Di Madiun – Madiun sebuah kota yang memiliki banyak sekali  tempat wisata yang sangat indah jika waktu liburan tiba disinilah tempat yang cocok untuk berlibur, In sya Alloh anda tidak kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan keluarga, pasangan atau teman.

Berbagai Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Madiun yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini adalah wisata alam yang menawan.

  • Tempat Wisata Rekreasi Umbul Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat Rekreasi Umbul Tempat wisata di Madiun yang pertama yang akan kita bahas. Tempat wisata Madiun satu ini adalah tempat yang sangat cocok untuk bersantai-santai bersama dengan keluarga. Tempat ini adalah sebuah tempat peninggalan jaman Belanda yang sampai saat ini masih sangat menarik dan masih sangat populer di kota Madiun.

Di tempat wisata rekreasi umbul madiun anda akan disuguhkan dengan pesanggrahan, kebun binatang mini dan yang menjadi favorit adalah kolam renang air belerang, yang mana orang yang berkunjung ke tempat ini menyempatkan waktu untuk berendam berlama-lama di dalam kolam yang airnya bersuhu tinggi.

Taman Wisata Umbul terletak di Desa Glonggong, Kec. Dolopo yang berjarak kurang lebih 20 km kearah selatan kota Madiun. Taman Umbul menawarkan keindahan alam dan sesuatu yang berbeda sehingga taman ini berbeda dengan taman lain pada umumnya,

  • Tempat Wisata Air Terjun Saweru Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Air Terjun Seweru yang berada di kota madiun adalah salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Pemandangan air terjun di tempat ini mampu membuat kondisi pikiran dan hati anda menjadi sangat tenang. Karena di tempat ini anda dapat bersantai sambil ditemani suara gemericik dari air terjun dan juga udara yang sangat segar dan sejuk.

Air Terjun Seweru terletak di ketinggian kurang lebih 400 mdpl. Air terjun Saweru terletak di lereng Gunung Wilis. Lokasi air terjun ini terletak di kawasan perkebunan kopi kandangan lebih tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Jadi tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat melepas penat akan rutinitas sehari-hari. Tempat Wisata di Madiun yang satu ini sering dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai kegiatan rekreasi yang berhubungan dengan alam dan bernuansa alam.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonosobo

  • Tempat Wisata Alam Wana Wisata Grape Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Wana Wisata Grape adalah salah satu tempat wisata yang berada di Madiun yang sangat disukai oleh orang yang suka berpetualang. Di tempat ini anda bisa melakukan kegiatan yang biasanya kita lakukan di alam. Seperti halnya camping, dan wahana-wahana alam lainnya yang membuat pikiran anda segar kembali.

Selain itu, di tempat wisata ini anda dapat menikmati sebuah perdesaan yang didesain sedemikian rupa supaya menjadi tempat wisata yang mengajak pengunjungnya dapat kembali menikmati suasana alam perdesaan, Disini juga terdapat mata air alami yang berasal dari Pengunungan Dungus.

Lokasi Tempat Wisata Alam Wana Wisata Grape Madiun berada di tepian hutan jati, dimana suasanannya sangat tenang dan sangat natural. Di tempat wisata ini juga tersedia taman bermain anak-anak, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua yang ingin mengajak dan menyenangkan anaknya.

  •  Tempat Wisata Alam Gunung Wilis Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat Wisata Alam Gunung Wilis merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Timur yang menantang untuk didaki meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi. Gunung ini mempunyai beberapa puncak dengan jalur pendakian dari beberapa arah kota. Salah satu jalur untuk melakukan pendakian dan menjelajah Gunung Wilis adalah lewat Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Apabila anda ingin memulai pendakian, anda dapat melapor terlebih dahulu kepada petugas di pos Kempo yang berada di perkebunan kopi sehabis melewati Desa Kare.  Untuk selanjutnya, anda dapat meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor atau menumpang tukang ojek agar sampai ke dusun Pulosari. Setelah itu, barulah anda dapat memulai trekking ke puncak.

Gunung wilis sangat terkenal akan lebatnya hutan dan satwa liar, di sepanjang perjalanan nantinya anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dan menjumpai satwa liar, air terjun dan perbukitan serta lembah.

  • Tempat Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat wisata ini berada di Ds. Gilingan, Desa Kepel, Kec. Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun Krecekan Danu berada tidak jauh dari Tempat Wisata Grape. Untuk bisa menuju kelokasi air terjun ini, anda telah dimudahkan dengan jalan yang sudah lebih halus dengan aspal.

Pengunjung dapat menikmati suasana air terjun dengan nuansa pegunungan dan pemandangan yang indah, air yang jernih, dan dikelilingi bebatuan sehingga menambah kesan artistik bagi para pengunjung yang ingin berfoto ataupun sekedar menikmati suasana sambil bersantai sejenak.

  • Tempat Wisata Air Terjun Kucur Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat Wisata Air Terjun Kucur berada di Ds. Pucang Sawit, Desa Padas, Kec. Dagangan, Kab Madiun, air terjun ini termasuk baru dikenal banyak orang. Pada tahun 2008 air terjun ini sudah dikenal oleh masyarakat lokal dan sekitarnya, karena air terjun ini termasuk air terjun buatan.

  •  Tempat Wisata Air Terjun Banyulawe Dong Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat Wisata ini berada di Dusun. Gligi, Desa Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun. Air terjun yang terletak tepat di balik lereng Pegunungan Wilis ini menyajikan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal buat anda menjadi rileks sejadi-jadinya.

Air Terjun ini sudah sering dikunjungi para wisatawan bahkan di sekitar kawasan air terjun ini juga sudah didirikan warung yang menawarkan makanan untuk dapat menemani sambil menikmati kesegaran air terjun Banyulawe. Air terjun ini letaknya tersembunyi di balik hutan. Jika anda tersasar, anda dapat memanfaat GPS atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Baca Juga : Wisata Cilacap

  •  Tempat Wisata Waduk Bening Widas Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Tempat Wisata Waduk Bening Widas berupa sebuah bendungan yang berada di Dusun Petung Desa Pajajaran, Kec. Sadaran yang jaraknya kurang lebih 40 km dari Kota Madiun. Meskipun hanya berupa waduk, tempat ini biasa dijadikan tempat wisata bagi warga lokal. Di tempat wisata ini anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, yakni lereng-lereng gunung Kendeng dan bentangan hutan jati.

Selain itu, Disini anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah sambil mencicipi sajian ikan bakar yang dimasak menggunakan bumbu khas Madiun. Ketika musim penghujan tiba maka waduk ini airnya sangat melimpah sehingga waduk ini sering dimanfaatkan masyarakat sebagai waduk irigasi.

  • Tempat Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Situs Bersejarah Nglambangan Madiun adalah sebuah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di Desa Nglambangan, Kec. Wungu, Kab. Madiun. Ditempat ini ada sebuah pura yang dipergunakan untuk menyimpan beberapa pusaka. Setiap malam 1 Suro, tempat wisata ini digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat upacara adat.

Di sini ada beberapa bangunan dan artefak yang masih tetap terawat sampai saat ini, seperti Pura Lambangsari dan Watu Dakon yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan pusaka, lumbung, punden, sumur kuno, serta Sendang Jambangan. Jika anda datang ke tempat ini, anda akan diajak kembali mengarungi kejadian masa lalu dan membayangkan kejayaan kerajaan Nusantara di masa dulu.

  • Tempat Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun

tempat wisata di madiun
tempat wisata di madiun

Waduk Kedungbrubus adalah sebuah bendungan yang berada di Kec.Pilangkenceng, Kab. Madiun dan berbatasan langsung dengan Kab. Bojonegoro. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2008 yang difungsikan sebagai salah satu sarana penunjang irigasi dan sumber air. Selain itu, Di pinggir waduk ini terdapat warung-warung makanan yang menyediakan hidangan ikan bakar.

Tonton Video Tempat Wisata Madiun

 

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai tempat wisata yang ada di madiun semoga bisa bermanfaat. Jika musim liburan tiba anda boleh melakukan kunjungan wisata di kota madiun. Ada banyak sekali tempat wisata yang dapat anda kunjungi anda tinggal memilih tempat yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga anda.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang tempat wisata yang ada di madiun. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”