strategi-pemasaran

Pelajar Strategi Pemasaran Berikut Ini. Jika Omset Bisnis Anda Ingin Melesat.!!

Strategi Pemasaran – Pemasaran sangatlah penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Dalam berbisnis, pemasaran diibaratkan seperti jantung karena dalam proses pemasaran tersebut sebuah bisnis dapat bergerak. Transaksi jual beli juga terdapat dalam proses pemasaran. No Selling, Dying.

Sebelum anda memulai membaca artikel ini dari awal hingga akhir kami mempunyai sebuah video yang semoga dapat mencerahkan dan menambah pengatuhan anda tentang Berbisnis.

Strategi Pemasaran Adalah

Pengertian Strategi Pemasaran dari W.Y. Stanton adalah segala sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan goal (tujuan) untuk merencanakan dan menentukan harga jual sampai dengan mempromosikan produk dan mendistribusikan produk dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Dalam hal strategi pemasaran, setidaknya ada tiga faktor penting yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran antara lain:

  • Daur hidup produk

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk. Daur hidup produk meliputi tahap perkenalan, tahap perkembangan dan tahap kedewasaan serta tahap kemunduran.

  • Posisi Persaingan Perusahaan di Lapangan

Dalam merancang strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan di dalam persaingan, apakah perusahaan anda menjadi Pemimpin (Leader), Penantang, Pengikut (Follower) atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar yang ada.

  •  Keadaan Ekonomi

Hal terakhir dalam merancang Strategi Pemasaran harus disesuaikan dengan keadaan ekonomi dan cara pandang ke depan. Apakah keadaan ekonomi berada di dalam situasi stabil, makmur atau dalam keadaan inflasi tinggi.

Strategi Pemasaran 4p

strategi-pemasaran

Didalam sebuah rancangan strategi pemasaran terdapat istilah 4p. Jika anda pernah mempelajari ilmu kewirausahaan selama duduk dibangku sekolah menengah kejuruan mungkin anda tidak asing lagi dengan istilah empat P. Apa saja Strategi Pemasaran 4p?

  • Product

P yang pertama adalah Produk. Pemasaran Produk ini merupakan kombinasi produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sebagai sebuah solusi yang dapat menyelesaikan masalah pasara. Pemasaran Produk meliputi : Kualitas Produk, Desain Produk, Fitur Produk, Value Produk dan Packaging.

  • Price

P yang kedua adalah Price. Price dalam strategi pemasaran merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk. Price dalam strategi pemasaran meliputi : Daftar Harga, Potongan Diskon dan Promo.

  • Place

P yang ketiga adalah PlacePlace biasa disebut dengan saluran pendistribusian produk, saluran distribusi dimana produk tersebut bisa sampai kepada pasar (konsumen). Place juga meliputi Lokasi perusahaan yang strategis sehingga konsumen dengan mudah menemukan perusahaan anda.

  • Promotion

P yang terakhir adalah Promotion. Promotion dapat diartikan sebagai aktivitas untuk menyampaikan manfaat produk dan membujuk konsumen (Pasar) untuk membeli produk tersebut. Promotion dapat meliputi : Iklan Produk dan promosi penjualan.

Dalam merancang Strategi pemasaran kita juga bisa menggunakan media online untuk mempromosikan produk yang kita jual. Apalagi di zaman modern seperti ini media online sangatlah banyak dan mudah digunakan. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mempromosikan produk kita.  Lalu apa saja media online yang bisa digunakan untuk menerapkan Strategi Pemasaran Online.

Strategi Pemasaran Online.

strategi-pemasaran

Dalam strategi pemasaran online anda dapat menggunakan layanan media online gratis ataupun berbayar. Banyak sekali media online yang dapat membantu kita untuk mempromosikan produk yang sedang kita jual. penulisngapak hanya menyebutkan beberapa saja untuk menambah wawasan anda.

  • Facebook

Akhir-akhir ini facebook menjadi salah satu sosial media paling banyak digunakan untuk mempromosikan produk. Saking banyaknya orang yang berjualan di facebook pihak facebook sendiri sampai ingin membuat toko online khusus pengguna facebook.

Untuk mempromosikan produk anda lewat facebook anda dapat menggunakan layanan gratis seperti halnya facebook profile, facebook group, fanspage. Untuk layanan berbayar anda dapat menggunakan Facebook advertising yang sudah facebook sediakan untuk orang-orang yang ingin mempromosikan produknya melalui iklan berbayar.

  • Website

Banyak orang yang merekomendasikan jika kita ingin berjualan secara online sebaiknya menggunakan website. Bagi kami website merupakan pilihan optional ( Bebas ) dikarenakan website bersifat update. Jika anda sebagai pemula yang belum mempunyai mentor / pembimbing maka kami sarankan anda tidak menggunakan website.

Website hanya digunakan bagi orang yang sudah cukup lama berjualan secara online. Jika anda ingin berjualan melalui website maka anda membutuhkan hosting dan domain. Yang terpenting anda harus update produk dan artikel secara kontinyu agar website anda banyak dikenal oleh banyak orang.

Keuntungan mempunyai website dengan tujuan untuk mempromosikan produk adalah anda dapat menjangkau orang di seluruh indonesia bahkan seluruh dunia dengan mudah. Strategi Pemasaran secara Online juga dapat anda gunakan untuk memprosikan produk yang baru anda lauching. Bagaimana cara menyusun Strategi Pemasaran Produk Baru?

Strategi Pemasaran Produk Baru.

Contoh Strategi Pemasaran

Ketika anda membuat produk produk baru maka anda juga harus mempersiapkan strategi pemasarannya. Agar ketika di launching produk anda langsung kebanjiran order. Bahkan untuk membuat produk baru pun juga ada ilmu yang harus anda ketahui agar bisa laris manis dipasaran. Lalu bagaimana caranya?

  • Ciptakan Produk Yang Dibutuhkan Market.

Ketika anda membuat produk usahakan buatlah produk yang memang dibutuhkan oleh market. Jangan asal-asalan dalam membuat produk jika anda menginginkan produk anda laris manis sejak produk anda pertama kali launching. Untuk membuat produk yang dibutuhkan market anda dapat melakukan survei.

Survei yang bisa anda lakukan bisa dengan tanya kepada kawan-kawan anda tentang kendala apa yang mereka alami atau produk apa yang mereka inginkan atau anda bisa melakukan survet sendiri tentang kebutuhan apa yang harus disedikan untuk menyelesaikan masalah orang-orang disekitar anda.

  • Hadir Produk Yang Benar-Benar dibutuhkan Market.

Apa perbedaan produk yang dibutuhkan market dan produk yang benar-benar dibutuhkan market? Jika produk yang dibutuhkan market anda melakukan survei sendiri dan survei kecil-kecilan. Sedangkan produk yang benar-benar dibutuhkan market adalah produk yang sudah berdasarkan data.

Jadi sebelum anda membuat produk baru anda sudah mengetahui data yang valid tentang produk yang akan anda buat. Anda dapat menggunakan tools atau alat bantu untuk menemukan data produk yang akan anda jual secara online. Anda menggunakan google keyword planner dan ubber suggest

  • Persiapan Yang Matang.

Sebelum anda melaunching produk baru yang anda buat anda harus melakukan persiapan yang matang. Persiapkan segala sesuatu agar ketika produk anda dilaunching produk anda langsung diserbu oleh pasar dan jadi rebutan. Persiapan yang perlu anda persiapkan antara lain persiapan secara offline dan persiapan secara online.

Secara Offline anda bisa mempersiapkan Banner dijalan-jalan, Iklan dan brosur. Persiapan secara online anda dapat mempersiapkan video testimoni, video spoiler, gambar/template promosi dan copywriting. Jika persiapan anda matang in sha Alloh produk anda akan laris.

  • Timing Yang Pas.

Jika anda ingin melaunching sebuah produk baru maka anda harus bisa menghitung kapan waktu yang pas untuk dilaunching. Timing yang pas dapat dilakukan dengan cara melakukan survei diwaktu kapan konsumen/pasar sedang punya duit dan apakah ada produk sejenis yang lebih besar yang akan launching di waktu tersebut.

Strategi Pemasaran Produk baru memang tidak boleh asal-asalan jika anda menginginkan produk yang anda launching dapat terjual ratusan hingga ribuan pcs sejak pertama produk anda di launching. Selain memperhatikan strategi diatas anda juga harus memperhatikan strategi pemasaran produk yang mungkin belum anda ketahui.

Strategi Pemasaran Produk

strategi-pemasaran

Walaupun strategi pemasaran produk melalui social media tergolong sangat efektif, jangan Anda lupakan taktik pemasaran secara offline. Menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi pemasaran produk yang baik.

  • Menjadi Sponsor Suatu Acara atau Lomba.

Apabila anda menampilkan logo bisnis anda pada suatu acara kontes atau perlombaan, maka brand bisnis yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh hampir semua peserta lomba. Tidak jarang juga seseorang ingin mencoba produk sebuah minuman atau makanan yang telah menjadi sponsor sebuah acara. Mengapa?

Dikarenakan hanya produk minuman atau makanan itulah yang hanya dijual selama penyelenggaraan acara. Jadi, misalnya anda ingin memasarkan produk anda ke kalangan/pasar baru, strategi pemasaran dengan cara menjadi sebuah sponsor suatu acara atau perlombaan merupakan salah satu cara yang efektif

  • Bagi-bagi Produk Secara Gratis.

Tips kedua selain menjadi sponsor suatu acara, ada tips lain untuk memasarkan produk Anda secara efektif. Biasanya yang menghalangi seseorang untuk membeli sebuah produk adalah karena pasar/konsumen belum pernah mencoba produk itu sebelumnya atau dikarenakan belum ada teman dekat mereka yang mencobanya.

Jadi, apaila brand anda ingin memperkenalkan sebuah produk baru atau varian baru dari produk Anda, salah satu strategi promosi yang efektif yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan produk anda secara langsung kepada target market anda secara Gratis.

  • Mendata Konsumen.

Suatu produk akan lebih mudah dipasarkan apabila dalam hal memasarkan produk anda dijual ke target market yang tepat. Hal ini termasuk salah satu bentuk strategi pemasaran produk dari sekian banyak strategi. Maka dari itu mengumpulkan data pelanggan yang sudah order merupakan kegiatan yang sangat kami rekomendasikan.

Pada saat konsumen anda order produk kepada anda, pastikan Anda mendapatkan data konsumen sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga hal tersebut akan berguna untuk strategi promosi produk maupun rencana perusahaan di hari berikutnya.

Banyak yang dapat dilakukan untuk bisa mengambil data pelanggan secara akurat, Contoh misal dengan survei pengolahan data yang dilakukan secara online melalui sosial media. Data tersebut bisa digunakan secara efektif dalam pembentukan strategi pemasaran produk Anda dari segi bahasa, teknik pemasaran, dan jenis produk yang Anda tawarkan.

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Strategi Pemasaran. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang Bagaimana menjalanlankan bisnis. Semoga bisnis yang sedang anda jalan saat ini dapat bertahan dan terus bertumbuh dan semoga dengan wasilah bisnis anda saat ini anda dapat melakukan kebaikan bagi umat muslim.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Strategi Pemasaran. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

2 pemikiran pada “Pelajar Strategi Pemasaran Berikut Ini. Jika Omset Bisnis Anda Ingin Melesat.!!

Komentar ditutup.