belajar bisnis

Santri Belajar Berbisnis Online

Hari ini di pesantren sintesa.net kedatangan tamu yang sangat luar biasa dari luar kota. Kami kedatangan 3 tamu diantaranya yaitu Om Kemal, Om Solikhun dan Om Yusuf Hadi yang biasanya di panggil shembah. Kami para Santri Belajar Berbisnis Online selama kurang lebih 45 menit bersama mereka.

Santri Belajar Berbisnis Online

Tamu Yang Di Tunggu

Kedatangan mereka tidak diketahui oleh para santri termasuk saya. Saya yang duduk di belakang merasa kaget ketika saya melihat Om Yusuf Hadi (Shembah) datang ke pesantren. Wajah beliau sudah populer didunia bisnis online maka dari itu saya mengenali beliau.

Santri Belajar Berbisnis Online

Kewajiban Tamu yang datang

Tamu yang datang ke pesantren kami diwajibkan untuk sharing kepada para santri di sintesa. Sharing tentang pengalaman hidupnya atau tentang pengalaman bisnisnya. Aturan sharing itu menjadi aturan wajib bagi para tamu yang datang ketempat kami.

Santri Belajar Berbisnis Online

Kewajiban Para Santri

Sebelum kegiatan sharing berlangsung, para santri mempersiapkan tempat untuk pemateri. Pada hari itu kebetulan saya mendapatkan jatah piket kebersihan jadi saya mengepel lantai yang akan dipakai untuk acara sharing, sedangkan teman saya yang lainny mempersiapkan meja, dan para santri mempersiapkan buku masing-masing untuk mencatat pelajaran yang penting.

belajar berbisnis

Sebelum Materi dimulai

Mas Ibrahim Vatih atau sering disebut Pak Pres memberikan kata-kata sambutan untuk pemateri. Kebetulan para tamu yang datang adalah teman dari Mas Ibrahim Vatih. Beliau bertemu disalah satu acara yang di adakan di luar kota magetan.

Santri Belajar Berbisnis Online
onti.dvrlists.com

Santri Belajar Berbisnis Online.

Ada banyak ilmu yang Om Kemal, Om Solikhun dan Om Yusuf Hadi berikan kepada para santri namun saya akan sedikit sharingkan kepada anda ilmu apa yang saya dapat dari mereka.

  • Om Kemal

Om Kemal ini adalah seorang importir yang sudah berpengalaman di bidang importir. Beliau seringkali mengimpor barang dari China. Pengalaman importnya dibilang sudah lumayan banyak. Beliau menuturkan bahwa untuk menjadi importir itu sebenarnya gampang.

Banyak orang di luar sana beranggapan bahwa import itu susah, import itu ribet, harus memikirkan pajak dan lain sebagainya. Namun semua dibantah oleh Om Kemal, menurut om kemal import itu gampang. Beliau mengatakan jika anda order 1 pcs aja dari China maka barang itu akan sampai di indonesia.

Santri Belajar Berbisnis Online

Beliau juga mengatakan untuk mengimport barang dari China itu seperti anda order produk dari market place di indonesia contohnya : Bukalak ataupun tokopedia atau market place yang lain. Dan beliau juga mengatakan tentang-tentang kesalahan-kesalahan seorang importir.

  • Om Solikhun

Om Solikhun pernah menuntut ilmu di luar negeri kalo tidak salah dengar di Pakistan. Namun beliau pindah ke LIPIA Jakarta karna suatu hal. Setelah kuliahnya selesai kemudian beliau kerja disuatu perusahaan. Beliau bertugas membuat video dari proses pembuatan video sampai editingnya.

Kemudian resign dari perusahaannya untuk membangun karirnya dalam bisnis online. Namun orang tuanya awalnya tidak setuju mungkin karna kebanyakan orang tua beranggapan bahwa kalo bisa sukses itu harus bekerja di perusahaan bonafit.

Santri Belajar Berbisnis Online

Namun beliau bertekad keras untuk bisa menjadi seorang wirausaha, Kemudian beliau meminta ijin kepada orang tuanya untuk menjalankan bisnisnya. Untuk bisa meyakinkan orang tuanya agar bisa mensupportnya beliau berusaha keras agar bisa sukses dalam bisnisnya.

Kemudian beliau menceritakan bahwa ia mengikuti workshop di Bandung selama 3 hari yang biayanya diatas 2 juta. Namun sebelum berangkat ke acara workshop laptop beliau hilang, hingga akhirnya beliau harus meminjam laptop kepada temennya.

Santri Belajar Berbisnis Online

Singkat cerita beliau mempunyai sebuah usaha travel dan umroh. Omset yang beliau dapatkan mencapai puluhan juta rupiah. Kemudian beliau memberangkat umroh kedua orang tuanya selama 30 hari selama bulan ramadhan menggunakan biro jasa dari bisnisnya sendiri.

Namun setelah beliau merasakan pelayanan yang diberikan oleh bisnis penyedia jasa umroh yang beliau jalankan beliau merasakan kecewa. Kemudian beliau memohon kepada Allah Ta’ala agar diberikan bisnis yang lebih besar lagi. Selang beberapa waktu akhirnya beliau tidak menjalankan bisnis travel dan umroh tadi.

Setelah mencari bisnis baru akhirnya beliau menjalankan bisnis properti, dimana beliau mempunyai 14 rumah. Beliau cerita omset yang didapatkan dari bisnis properti mencapai 1 Milyar lebih. Sekarang beliau juga mempunyai sebuah website ayobacaquran.com

  • Om Shembah

Solo adalah tempat asalah dari Om Yusuf Hadi (Shembah). Beliau adalah seorang brokerpreneur yang sudah memiliki pengalaman sangat banyak. Mulai dari usaha laundry yang hanya modal 300 ribu tapi memiliki omset 3-5 juta perbulan sampai usaha yang profitnya puluhan juta.

Beliau juga berbagi pengalaman bangkrutnya yang mencapai angka 1 milyar lebih. Namun tak ada kegagalan yang tak memberikan pelajaran. Beliau mendapatkan pelajaran bahwa Allah memberikan anugrah terbesar yaitu otak selain itu beliau juga bersyukur atas apa yang ia miliki.

Santri Belajar Berbisnis Online

Dalam berbisnis pula ia memiliki prinsip. Halal dan Menghasilkan adalah prinsip yang beliau gunakan. Asalkan halal lanjut aja, asalkan bisnis itu menghasilkan genjot terus. Beliau juga berbagi ilmu tentang pentingnya sebuah target dalam hidup.

Jika hidup tidak mempunyai maka hidup anda akan biasa-biasa saja. Beliau juga memberikan tips cara mencapai target. Jika anda mempunyai target 100 juta pertahun maka target tersebut harus di breakdown lagi. Berarti anda harus menjual produk sebanyak 100 produk pertahun dengan profit 1 juta atau menjual 1000 produk dengan profit 100 ribu. Setelah di breakdown anda tinggal cari produk yang mempunyai profit 1 juta atau profit 100 ribu.

Beliau ada founder dari ratakan.com dimana ratakan situs yang menjual berbagai produk digital seperti ebook, software dan lain-lain. Beliau juga menceritakan bahwa omset dari ratakan sudah mencapai angka milyaran rupiah. Walaupun omset beliau milyaran beli masih berpenampilan sederhana.

Kesimpulan

Demikianlah cerita yang dapat saya bagikan hari ini. Di pesantren Sintesa pada hari ini kedatangan tamu yang luar biasa dan mereka juga membagikan pengalaman karir bisnis dan pengalaman hidupnya. Santri Belajar Berbisnis Online Santri Belajar Berbisnis Online