pemberian ASI pada bayi

Ternyata Terdapat Sejuta Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi

Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi – Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang sangat penting bagi bayi terutama bayi yang baru lahir, untuk itu diharapkan para ibu melakukan pemberian asi pada bayi. Tidak ada kata terlalu cepat untuk ibu hamil untuk mengetahui manfaat pemberian asi untuk bayi.

Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi

Banyak sekali bidan, dokter ataupun kementrian kesehatan atau pihak lain yang menyarankan para ibu untuk memberikan ASInya kepada bayi daripada memberikan susu formal.  Pemberian ASI memang memiliki beberapa keuntungan bagi si bayi ataupun si ibu.

Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi

Keuntungan ASI untuk bayi :

manfaat pemberian ASI pada bayi.png

  1. ASI mempunyai kandungan antibodi dalam jumlah yang besar yang berasal dari tubuh seorang ibu. Antibodi itu membantu si bayi menjadi tahan terhadap penyakit, selain itu ASI juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Terbukti bahwa bayi yang diberikan ASI mempunyai tubuh lebih kuat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti diare, asma, pneumonia dan lain sebagainya.
  2. Hormon yang terkandung di dalam ASI menciptakan rasa kantuk dan rasa nyaman bagi bayi. Hal ini membantu menenangkan bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah meminum ASI
  3. Pemberian ASI pada bayi juga dapat membantu perkembangan otak. Bayi yang mendapatkan asupan ASI rata-rata mempunyai IQ lebih tinggi dibanding dengan bayi yang tidak diberi asupan ASI.
  4. Kegiatan menyusui pada bayi secara psikologis juga baik bagi bayi karena dapat meningkatkan ikatan komunikasi dengan si ibu. Jika si ibu sedang membaca atau melakukan pekerjaan ringan lainnya saat menyusui, si bayi juga tetap mendapatkan kehangatan dan kenyamanan karena mendekap ke tubuh ibunya.

Keuntungan ASI bagi si Ibu.

Mencegah resiko kanker

manfaat pemberian-asi-pada-bayi-dini

Banyak sekali manfaat ketika si ibu memberikan ASInya kepada si anak salah satunya adalah mencegah resiko ibu untuk terkena kanker payudara atau kanker rahim. Mengingat banyak perempuan yang mudah untuk terkena kanker payudara dan kanker. Untuk mencegah terjadinya kanker maka para ibu dianjurkan untuk memberikan ASInya.

Baca Juga : Sayuran Pelancar Asi

Mengurangi Biaya

manfaat pemberian-asi-pada-bayi-dini

Apabila seorang ibu menyusui anaknya maka akan menghemat biaya pengeluaran untuk membeli susu formal. Apalagi seperti anda tahu harga susu formula tidaklah murah, jika para ibu memberikan ASInya kepada anaknya maka hal tersebut akan mengurangi biaya pengeluaran keluarga

Menghemat Waktu

manfaat pemberian-asi-pada-bayi-dini

Mengingat waktu sangatlah penting maka setiap orang harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Memberikan ASI kepada bayi bisa menghemat waktu karna ketika seorang anak lapar dan meminta susu maka si ibu tidak perlu membutuhkan persiapan apa-apa karna ASI selalu tersedia dalam kondisi segar serta terbaik untuk si bayi

Banyak sekali manfaat pemberian ASI pada bayi entah itu manfaat untuk si bayi atau manfaat untuk si ibu sendiri, maka dari itu ketika si ibu memberikan ASInya kepada si anak maka si ibu dan si anak akan mendapatkan sejuta manfaat.

Sebaiknya para ibu memberikan ASInya kepada anak ketimbang memberikan susu formula kepada si anak. Mengingat banyak sekali kerugian yang akan didapatkan ketika si anak diberi makan susu formula.

Terkadang ibu yang bekerja diluar rumah memiliki kegiatan yang sangat padat sehingga membuatnya tak sempat memberikan kepada bayi. Apapun itu alasannya si ibu harus tetap memberikan asinya kepada si bayi agar si bayi dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Kesibukan diluar rumah membuat si ibu harus dapat mengetahui bagaimana tips untuk menyimpan ASInya agar tetap aman untuk dikonsumsi si bayi. Dalam menyimpan ASI si ibu tidak boleh sembarangan karena bisa saja ketika proses penyimpanan ASI yang salah justru akan membahayakan si bayi atau nilai gizinya berkurang.

Tips Menyimpan ASI.

manfaat pemberian-asi-pada-bayi-dini

  • Jangan simpan ASI di suhu ruangan karena jika ASI disimpan di suhu ruangan maka ASI hanya dapat bertahan kurang lebih selama 10 jam
  • Apabila ASI yg disimpan di dalam kulkas maka harus segera digunakan dalam waktu setengah jam setelah ASI tersebut berada di suhu ruangan karena jika terlalu lama maka tidak bagus untuk si bayi
  • Dianjurkan ketika ingin menyimpan ASI para orang tua terutama ibu menyimpannya di dalam kulkas karena ASI yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan hingga 5 sampai 7 hari.
  • Anda bisa memindahkan ASI dari kulkas kedalam Freezer akan tetapi jangan pernah pindahkan ASI jika sudah ada di kulkas selama 48 jam.
  • Apabila ASI disimpan di dalam freezer maka sangatlah bagus sekali karena ASI dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya.
  • Ketika anda ingin menyimpan ASI di dalam kulkas, diharapkan jangan mengisi ASI kedalam botol secara penuh, setidaknya sisakan minimal 5 cm karena ASI akan mengembang jika di simpan didalam kulkas.
  • Sebaiknya ketika anda ingin menyimpan ASI di dalam kulkas maka beri label tanggal pada botol sehingga ketika ASI yang sudah lama disimpan bisa dipakai terlebih dahulu agar tidak basi.

Ketika anda menyimpan ASI di dalam kulkas maka anda baru bisa menggunakan ASI setelah menghangatkan ASI dan mencairkan ASI? bagaimana caranya, berikut tipsnya :

manfaat pemberian-asi-pada-bayi-dini

  • Ambilah botol ASI kemudian letakkan di suhu ruangan atau anda dapat meletakannya diatas mangkok dengan air panas
  • Jangan pernah melakukan pencairan ASI dengan menggunakan microwave karena dapat merusak kandungan di dalam ASI
  • Aduklah secara merata untuk memisahkan krim dalam ASI
  • Janganlah memberikan ASI jika belum belum dalam keadaan benar-benar telah cair dan telah menjadi susu.
  • Ketika ASI sudah berbau asam maka jangan pernah memberikannya kepada bayi
  • Setelah dikeluarkan dari dalam freezer maka ASI hanya dapat bertahan 24 jam setelah dicairkan.

Akhir Kata

Demikianlah Artikel Yang Membahas Tentang Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah Wawasan Anda Tentang Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi. Diharapkan setelah membaca artikel ini para ibu memberikan ASInya kepada bayi dikarenakan Air Susu Ibu merupakan makanan penting bagi bayi.

Apabila ASI tidak diberikan pada bayi maka ditakutkan bayi akan bertumbuh dan berkembang kurang optimal dan si bayi akan mengalami gangguan-gangguan ketika besar. Tulisan tentang Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi ditulis agar para ibu sadar pentingnya Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Manfaat Pemberian ASI Pada Bayi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”