Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin

 

Buah naga merupakan buah yang berasal dari Amerika, tepatnya Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Di Asia buah naga sudah banyak dikenal bahkan sampai dibudidayakan secara massal.  Seperti di negara Cina, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan negara kita sendiri Indonesia tercinta. Selain di Asia, buah nagabisa di temui di Australia dan Israel.

Bentuk dari buah naga ini sangat khas dengan warna dari kulit buah berwarna merah yang menyerupai sisik naga. Buah naga sudah sangat terkenal dan populer. Hal ini tentu saja karena buah naga punya rasa manis yang khas, sekali makan dijamin bakal ketagihan. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Menurut ahli gizi, buah naga mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, kondisi kehamilannya akan lebih sehat dan terpenuhi nutrisinya.

Nah, Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil tersebut? Cek yuk beberapa poin di bawah ini:

Tinggi Nutrisi

Di dalam buah naga ini mengandung banyak sekali senyawa-senyawa yang sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil Senyawa-senyawa tersebut seperti vitamin C, protein, fitokimia, kalium, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai macam senyawa tersebu, buah naga sangat berguna untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi yang kompleks bagi janin serta ibunya. Lebih khususnya lagi bahwa buah naga mengandung  vitamin B1. Vitamin B1 ini diketahui merupakan vitamin yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan ibu hamil.

Buah naga juga bisa meransang penyerapan protein dan membantu membakar karbohidrat menjadi energi.

Mengandung Karbohidrat

Buah naga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Seratus gram daging buah naga mengandung sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Dan umumnya wanita yang sedang hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak minimal 135 gram per harinya.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang dianjurkan untuk dkonsumsi oleh ibu hamil. Sebab ada bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang ada di dalam perut sang ibu.

Mengandung Folat

Menurut penelitian, buah naga banyak mengandung folat. Folat ini merupakan nutrisi yang sangat diperlukan bagi seorang perempuan yang sedang hamil. Selain itu nutrisi tersebut juga berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

Ketika seorang wanita yang sedang hamil kekurangan folat, maka kemungkinan besar yang terjadi pada janin yang ada di dalam perut akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, nama lain dari cacat pada bagian saraf.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Di dalam buah naga yang masih segar juga mengandung zat besi sebesar 0,55 setiap 100 gram buah naga. Zat besi tersebut yang nantinya akan diolah oleh tubuh dan membentuk sel darah merah. Sehingga dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.

Ibu hamil biasanya sangat rentan terhadap kekurangan sel darah merah. Sementara bayi yang dikandungnya, sangat membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang baik untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhannya.

Untuk itu para ahli gizi menyarankan ibu hamil untuk sering mengkonsumsi buah naga. Agar janin yang dikandungnya mendapat nutrisi yang memadai.

Itulah pembahasan mengenai buah naga yang berkhasiat untuk ibu hamil. Untuk anda yang masih kesulitan mendapat omongan. Bisa mencoba cara sederhana dengan mengkonsumsi obat penyubur kandungan. Anda bisa membelinya di toko online atau apotek terdekat.

Leave a Comment