Satu Hikmah Peting Dari Sebuah Persaingan Yang Jarang Orang Ketahui

Hikmah Sebuah Kompetisi – Persaingan tak bisa lepas dari kehidupan manusia bahkan setiap hari adalah sebuah persaingan. Ketika kita sedang bersaing dalam sebuah kompetisi ada banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil selama proses sampai selesainya kegiatan acara.

Hikmah Sebuah Kompetisi

Sebelum anda mengikuti kompetisi sudah pasti anda akan mempersiapkan segala hal yang dapat menunjang proses menuju kemenangan ketika melakukan kompetisi. Persiapan tersebut baik untuk diri sendiri atau persiapan untuk tim jika anda berkompetisi secara tim.

Segala persiapan biasanya dilakukan jauh-jauh hari sebelum kompetisi tersebut dimulai. Mulai dari merancang strategi, Cadangan strategi apabila strategi yang sudah direncakan tidak memungkinkan untuk dijalankan, Siapa saja yang ikut serta di kompetisi tersebut dan masih banyak hal yang lainnya.

Apabila hari untuk berkompetisi itu tiba maka semua pasukan (Baca: Peserta) ada sebagaian yang sudah siap ada sebagian lagi yang belum siap. Namun siap atau belum siapnya sebuah persiapan tidak akan dapat mengubah jadwal kompetisi yang sudah ditentukan.

Ketika mengikuti proses kompetisi akan banyak sekali kejadian atau planing yang seringkali tidak sesuai dengan recana kita. Bisa jadi fakta dilapangan lebih baik dari planing yang sudah direncakan bisa jadi juga fakta dilapangan lebih buruk dari planing yang sudah direncanakan.

Apakah anda pernah mengalami hal demikian? Tentu pernah bukan, yaa, manusia memang hanya bisa merencanakan strategi dan mengira-ngira saja. Akan tetapi hasil tetap ditentukan oleh Allah Ta’ala. Maka dari itu jangan terlalu berpatokan pada rencana kita, jangan menganggap planing yang sudah dibuat adalah segala-galanya.

Ketika fakta dilapangan sesuai dengan planing yang sudah kita rencanakan tentu anda akan senang. Akan tetapi apabila kita terlalu “mendewakan” planing yang sudah direncanakan otomatis kita akan kecewa berat dan otomatis kita akan berusaha mencari siapa pelaku yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan planing yang dibuat.

Maka dari itu kita boleh saja membuat planing karna planing itu penting akan tetapi jangan terlalu berpatokan / fokus kepada planing. Ingatlah selalu bahwa Manusia hanya bisa merencakan dan Allah Ta’ala yang menentukan hasilnya.

Selama proses kompetisi berusahalah untuk menjadi pemenang, walaupun misal terdapat banyak kekurangan dan belum mempersiapkan diri untuk melakukan kompetisi. Sikap optimisme harus kita junjung tinggi selama proses pertandingan karena semua kemungkinan-kemungkinan dapat terjadi selama pertandingan.

Pernah suatu hari saya sedang bertanding sepak bola dengan orang lain, pada saat itu saya menilai tim kami kurang persiapan dan para pemain yang berlaga juga masih tergolong minim pengalaman. Awalnya saya merasa pesimis dan berpikir akan kalah, akan tetapi saya tidak mengungkapkannya dan kami tetap berusaha agar memenangkan pertandingan tersebut.

Selama proses pertandingan saya tidak dapat mengira bahwa hasilnya ternyata diluar dugaan. Tim kami berhasil memenangkan permainan tersebut padahal awalnya saya pesimis untuk dapat memenangkan pertandingan tersebut.

Disisi lain saya juga pernah bermain tenis meja dengan kawan saya dan kami sepakat untuk bertanding siapa diantara kita yang jago. Sebelum bertanding saya dapat memprediksi bahwa nantinya saya yang akan memenangkan pertandingan. Dikarenakan lawan saya masih amatiran sedangkan saya sudah sering berlatih tenis meja, namun hasil berkata lain, saya harus menerima kekalahan.

Walau saya sudah sering latian ternyata tak menjamin saya untuk bisa menang. Dari kedua kejadian tersebut saya dapat belajar bahwa kurangnya persiapan tidak berarti tidak bisa menang dan seringnya latian tidak menjamin bisa menang.

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Hikmah Sebuah Kompetisi. Semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Hikmah Sebuah Kompetisi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”