Contoh Strategi Pemasaran

Apa Saja Contoh Strategi Pemasaran Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Anda

Contoh Strategi Pemasaran – Dalam menghadapi sebuah persaingan kita akan membutuhkan yang namanya sebuah strategi. Begitu juga dengan pemasaran, dalam pemasaran anda harus mempunyai strategi untuk dapat mengalahkan kompetitor anda.

Contoh Strategi Pemasaran

Di artikel kali ini kami akan membahas contoh strategi pemasaran namun sebelum menuju ke pembahasan utama kami ingin membahas Cara Jualan Online via Facebook Dengan Mudah. Agar pemahaman anda semakin luas tentang cara berjualan online.

Jutaan orang pada hari ini sudah memasarkan produk yang dijual lewat online, akan tetapi ribuan orang masih mengalami kesulitan ketika memasarkan produk mereka secara online. Apakah anda termasuk salah satu dari ribuan orang tersebut? Jika iya maka tenang saja, kami akan membagikan Cara Jualan Online Di Facebook Dengan Mudah Dan Menghasilkan beserta Contoh Strategi Pemasarannya.

Tips dan Cara Berjualan Online Di Facebook Dengan Mudah Dan Menghasilkan

Jualan lewat online itu sangat dibutuhkan di jaman modern seperti ini. Selain bisa menjangkau lebih banyak orang agar mereka mengetahui produk yang anda jual, jualan secara online juga bisa memangkas biaya pengeluaran untuk memasarkan produk anda.

Apabila pada saat ini anda berjualan secara konvensional mungkin anda bisa menjangkau pelanggan anda dengan radius 1 kota dan maksimal 1 propinsi. Akan tetapi bila anda berjualan secara online anda bisa menjangkau pelanggan anda 1 pulau, 1 negara bahkan seluruh dunia.

Banyak sekali media online yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk anda jual. Misalkan BBM, WhatApp, Instagram, Facebook, Line, Line@, Website, Email, Tumblr, Pinters, Google+, Tokopedia, Bukalapak, Lazada Dan masih banyak lainnya.

Contoh Strategi Pemasaran

Sebelum saya memberikan Tips Jualan Online Di Facebook alangkah baiknya anda membaca Bagaimana Caranya Menarik Konsumen supaya anda paham dan mengerti bagaimana cara menarik konsumen agar membeli produk apapun yang anda jual.

Ketika anda membaca artikel ini sebaiknya anda jangan tergesa-gesa karna saya ingin memberikan info kepada anda “Kesalahan Berjualan Online di Facebook“. Dikarenakan seringkali orang yang baru pertama kali jualan online lewat facebook melakukan kesalahan berikut.

Baca Juga : Panduan Strategi Pemasaran Lengkap

Maka dari itu kami tidak ingin, anda sebagai pembaca melakukan berbagai kesalahan ketika berjualan online nantinya. Cukup saya saja yang mengalami pahitnya ketika berjualan online lewat facebook. Oke langsung saja simak dan catat apa saja “Kesalahan Orang ketika Berjualan Online Lewat Facebook”.

Kesalahan Ketika Berjualan Online di Facebook

  • Spam Grup

Contoh Strategi Pemasaran

Dulu awal saya jualan online di facebook sering kali saya mempromosikan produk melalui grup-grup facebook. Semua grup facebook saya kirim postingan tentang produk saya. Tidak peduli itu grup informasi ataupun grup jual beli.

Hasilnya penjualan saya pada waktu itu dengan menggunakan metode spam grup sedikit. Selain tingkat closing yang dibilang sedikit, waktu saya juga habis karna saya harus memposting di banyak grup facebook. Padahal masih banyak hal lain yang seharusnya dapat saya kerjakan.

Ketika menggunakan metode ini banyak waktu yang terbuang sia-sia. Akan tetapi ada orang-orang yang bisa mendapatkan banyak orderan menggunakan metode ini. Walaupun demikian tetap saja apabila anda ingin menggunakan teknik spam grup, hal ini merupakan hal yang dapat mengganggu orang lain. Seperti halnya gambar dibawah ini :

Contoh Strategi Pemasaran

Ketika anda mengirimkan sesuatu di grup facebook, maka teman anda yang tergabung di grup facebook yang sama akan mendapatkan sebuah notifikasi seperti contoh gambar diatas. Bayangkan apabila anda memposting di grup sebanyak puluhan kali dalam waktu sehari. Bisa jadi akun facebook anda langsung di unfrend atau di blokir.

  • Spam Inbox

Contoh Strategi Pemasaran

kotak pesan (Inbox) adalah salah satu fitur yang telah disediakan oleh facebook untuk membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi. Seperti memberitahukan tentang informasi pin bb, nomor hp, nomor whatsapp ataupun informasi lainnya yang menyangkut antara orang yang mengirim inbox dan orang yang menerima inbox.

Fitur ini sering kali banyak digunakan oleh para pengguna facebook untuk berkenalan satu dengan yang lain antar pengguna facebook, menjalin hubungan satu sama lain yang saling kenal atau membagikan informasi penting.

Jika anda menggunakan fitur ini, tetapi dalam penggunaan anda menyinggung perasaan atau mengganggu kehidupan orang lain maka yang terjadi inbox anda akan dibaca saja tanpa dibales. Jika tingkat mengganggunya sudah melampui batas maka facebook anda langsung di blokir oleh orang lain.

Aturan ini juga berlaku ketika anda berjualan online di facebook. Jangan pernah anda menginbox orang yang belum anda kenal baik dengan tujuan mempromosikan produk anda. Ketika anda melakukan hal demikian maka orang tersebut akan berpikir seperti ini :

Siapa lu ko jualan ke gue? kenal aja ngga.
Kenal aja belum ko udah promosi
Apaan sih ni orang tiba-tiba inbox nawarin produk? males amat beli produknya kenal aja ngga
Ehh buset ini orang nawarin produk ga sopan amat.
Dll
Menginbox orang yang belum kenal baik dengan anda dengan tujuan mempromosikan produk anda bisa menurunkan reputasi nama anda. Alasannya sederhana karena mereka belum kenal baik dengan anda. Sekalipun anda menginbox ribuan kali untuk menawarkan produk anda, mereka tidak akan membeli produk anda.

Jadi saran kami jika anda masih awal dalam mempromosikan produk anda lewat facebook dan anda masih belum dikenal oleh banyak orang, jangan pernah sekali-kali menggunakan teknik promosi mengirim spam inbox. Jika untuk pemula teknik ini akan lebih banyak memberikan dampak negatif ketimbang dampak positifnya.

Teknik inbox dapat dipakai ketika misalnya ada customer anda yang ingin mengetahui berapa harga produk anda atau ingin bertanya tentang produk anda. Nahh teknik ini bisa dipakai disaat seperti itu. Karena via inbox tingkat closing juga akan meningkat.

  • Spam komen profil, grup atau fanspage

Contoh Strategi Pemasaran

Banyak orang yang menggunakan teknik komen grup, fanspage atau profil. Jika anda termasuk menggunakan teknik seperti ini, disarankan berikan komentar distatus yang ada hubungannya dengan produk anda. Jangan pernah memberikan komentar distatus orang yang tidak ada kaitannya dengan produk anda.

Misalkan apabila ada orang lain update status ”bahagianya jalan-jalan bareng keluarga” 15 menit kemudian tiba-tiba anda memberikan komen “jual rok murah minat pm”. Maka yang akan terjadi orang tersebut akan merasa terganggu dengan kehadiran komentar anda distatusnya.

Contoh yang lain ketika ada orang yang posting di grup tentang jualan pakaian kemudian dipostingan tersebut banyak orang yang memberikan komentar untuk bernegosiasi dengan penjualnya. Nah karena produk pakaian yang anda jual harganya lebih murah daripada harga penjual tersebut kemudian anda mencoba memberikan komentar dipostingan penjual tersebut bahwa anda juga menjual produk itu tetapi dengan harga murah.

Maka penjual tersebut akan terganggu dengan kehadiran komentar anda distatusnya. Meskipun pada akhirnya misalnya anda mendapatkan banyak orderan dari situ, maka penghasilan yang anda dapatkan bisa menjadi tidak berkah. Dikarenakan anda telah mendzolimi orang lain.

Menggunakan teknik seperti ini merupakan tindakan yang tidak baik untuk dilakukan ketika sedang berjualan online di facebook. Tidak hanya di grup saja tetapi di fanspage pun berlaku hukum seperti itu. Jika anda berjualan maka gunakan cara-cara yang tidak mengganggu orang lain.

  • Spam wall orang lain

Contoh Strategi Pemasaran

Apakah anda pernah mendapat kiriman status facebook berupa teks, foto atau video yang dikirimkan oleh orang lain kepada anda melalui wall facebook anda? Jika iya berarti sama. Terkadang kita suka merasa jengkel ketika ada orang lain mengirim sesuatu gajelas di wall kita. Apalagi kiriman tersebut berupa hal-hal yang kita tidak sukai.

Sama halnya apabila anda mengirimkan sesuatu di wall orang lain yang isinya tentang mempromosikan produk yang anda jual. maka orang lain akan jengkel juga kepada anda. Mereka pasti akan langsung berpikir “Hal tidak penting seperti ini dikirim ke wall saya, langsung unfrend aja ahh ga penting juga orangnya.

Cara memasarkan produk lewat wall orang lain adalah cara yang sangat ekstrem untuk dilakukan oleh orang yang berjualan online di facebook. Selain tingkat closing yang sedikit, cara tersebut juga menurunkan reputasi baik anda dalam dunia online. Saran saya jangan pernah lakukan hal ini.

  • Spam Tag

Contoh Strategi Pemasaran

Seringkali saya dalam bersosial media mendapatkan tag dalam sebuah postingan orang lain yang berisi tentang jualan produk orang lain. Seringkali orang-orang seperti itu mempromosikan produknya dengan cara update status dan mentag puluhan bahkan ratusan orang.

Kemudian saya mencoba meriset apa saja yang dipikirkan oleh orang tersebut ketika mempromosikan produk dengan cara mentag banyak orang. Singkat cerita saya menyimpulkan bahwa orang yang menggunakan cara tersebut ia berpikir bahwa dengan cara tag dapat menjangkau orang lebih banyak dan lebih luas untuk mengetahui produk yang ia jual.

Untuk menjangkau lebih banyak orang dan lebih luas agar mereka mengetahui produk yang anda jual bukan dengan cara seperti itu. Tetapi anda bisa menggunakan teknik buat akun facebook yang banyak atau teknik fb ads.

Teknik mentag banyak orang ialah merupakan cara paling konyol dalam mempromosikan produk secara online melalui facebook. Dikarenakan selain dapat mengganggu kehidupan orang lain, hal tersebut juga memudahkan pesaing bisnis anda untuk mengetahui segment pasar anda.

Baca Juga : Tips Bisnis Online

Coba bayangkan ketika anda hendak ingin melakukan teknik tag seperti ini. Siapa saja orang-orang yang akan anda tag? pasti orang-orang yang berpotensi beli produk anda. Nah ketika anda mentag orang-orang seperti itu, bisa jadi justru pesaing bisnis anda juga meng-add atau memprospek mereka. Jika anda ingin menggunakan teknik seperti ini sebaiknya anda berpikir ulang ketika ingin menggunakannya.

Kesalahan-kesalahan yang sudah saya uraikan di atas secara panjang dan jelas tersebut kepada anda, jangan sampai anda lakukan. Karena jika anda menggunakan teknik-teknik seperti diatas maka akan banyak dampak negatif yang harus anda terima ketimbang dampak positifnya.

Cara Jualan Online Di Facebook

Terkadang ada banyak orang yang sudah berjualan online di facebook namun mereka belum banyak menghasilkan penjualan atau bahkan malah belum menghasilkan. Belum menghasilkannya penjualan dikarenakan kurangnya memperhatikan hal-hal berikut.

  • Nama Facebook

Contoh Strategi Pemasaran

Ketika anda berjualan di facebook, nama facebook yang anda gunakan jangan sampai alay misalnya “Amanda Cayank Kamuh” atau “Ri0 Gand4 Ram4dhan1”. Tetapi gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar. Ada 2 pilihan nama facebook ketika anda berjualan di facebook.

  • Nama Akun Pribadi

Ketika anda jualan online di facebook menggunakan nama pribadi, ada beberapa kelebihan diantaranya : Dapat meningkatkan kepercayaan customer, Dapat meningkatkan personal branding anda, Customer dapat terus mengingat nama anda ketika hendak ingin membeli produk.

  •  Nama Akun Jualan

Menggunakan Nama Akun Jualan ketika anda sedang berjualan online juga memiliki kelebihan. Namun sebelum itu saya ingin memberitahukan kepada anda ciri-ciri nama jualan. Ciri-ciri nama jualan antara lain ada kata “Jual” “Grosir” “Toko” “agen” “juragan” “produsen” “Pusat” Dll.

Kelebihan menggunakan nama akun jualan adalah teman-teman yang berteman di facebook anda adalah orang-orang yang tersegment dan tertarget dan kemungkinan untuk mendapat closing lebih cepat juga tinggi dikarenakan jika orang lain berteman dengan akun jualan tersebut tandanya mereka siap untuk di prospek oleh anda.

  • Foto Profil Facebook

Contoh Strategi Pemasaran

Foto profil yang anda gunakan ketika berjualan di facebook atau ingin mendapatkan banyak orderan wajib anda perhatikan juga. Karena Seringkali customer ketika hendak ingin order produk, mereka melihat foto profil penjual terlebih dahulu. Maka dari itu gunakanlah foto profil yang wajar dan jangan alay.

Anda bisa gunakan foto profil asli, jika ingin menggunakan foto asli atau anda bisa gunakan foto produk yang anda jual kemudian dikasih watermark berupa no hp atau pin bb anda. Tujuannya agar ketika customer ingin order produk anda, mereka tidak usah tanya kepada anda sehingga customer anda dapat langsung order melalui sms ataupun bbm.

  • Foto Sampul

Contoh Strategi Pemasaran

Seringkali orang-orang yang berjualan secara online di facebook, mereka enggan memperhatikan foto sampul yang mereka gunakan. Mungkin mereka beranggap bahwa foto sampul tidak penting. Padahal foto sampul juga berperan penting terhadap kredibilitas akun facebook anda.

Anda bisa mendeskripsikan produk anda melalui foto sampul anda, atau anda bisa gunakan foto sampul anda sebagai media informasi mengenai bisnis anda, misalnya ketika anda sedang mengadakan diskon 50% all item. Selain itu foto sampul juga tidak boleh sembarangan atau alay.

  • Status-status di facebook

Contoh Strategi Pemasaran

Status facebook yang anda update selalu di perhatikan oleh customer atau calon customer anda. Maka dari itu usahakan status-status facebook anda jangan sampai menurunkan kredibilitas anda sebagai penjual. Hindari juga status-status yang tidak penting.

Adapun status-status yang perlu anda hindari ketika anda berjualan online di facebook adalah status-status galau, status debat, status politik ataupun status-status yang mengandung konflik atau sara. Selalu tunjukan citra positif anda kepada customer anda melalui status-status yang anda update.

Ohh ya tambahan untuk anda, ketika anda berjualan online di facebook usahakan status yang mengandung unsur jualan atau promosi produk jangan terlalu sering di update. Dikarenakan seringkali banyak customer yang merasa bosan ketika melihat status-status jualan.

Ketika customer anda bosan ketika melihat status jualan anda terus menerus . Maka mood customer untuk order produk anda akan berkurang. Jika sudah demikian maka tingkat closing yang anda dapatkan bisa sedikit. Usahakan updatelah  status di facebook yang isinya menambah wawasan bagi audience anda.

  • Interaksi di facebook

contoh-strategi-pemasaran
sumber : marketingland.com

Sosial media facebook dibuat oleh Mark Zukeberg tujuannya ialah agar semua orang diseluruh dunia ini bersosialisasi melalui dunia maya, mengenal perlilaku orang-orang yang berada di seluruh dunia. Maka anda sebagai penjual online jangan sampai melupakan hal ini.

Sering kali orang-orang yang berjualan online di facebook melupakan hal ini, makanya mereka seringkali terlihat jarang berinteraksi dengan orang lain. Ingat.! Aplikasi facebook merupakan  sosial media bukan selling media. So, gunakan Aplikasi facebook selayaknya sosial media.

Ketika anda berjualan online di facebook, wajib hukumnya bagi anda untuk bersosialisasi dengan orang lain. Agar mereka merasa nyaman terhadap kehadiran anda. Sering-seringlah memberikan like dan komen atau share status mereka.

Ketika anda sering berinteraksi dengan teman anda maka teman anda akan seringkali melakukan transaksi dengan anda. Ketika anda jarang berinteraksi dengan mereka maka teman anda akan jarang melakukan transaksi dengan anda.

Untuk menambah wawasan anda tentang cara jualan online di facebook anda bisa melihat video ini

Itulah tadi topik pembahasan awal yang kami bahas untuk menambah wawasan anda. Dipembahasan kali ini kami akan membahas topik utama yaitu apa saja Contoh Strategi Pemasaran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan? Oke langsung saja kami bahas.

Contoh Strategi Pemasaran

  • Memasang iklan baris di koran.

Contoh Strategi Pemasaran

Bagi anda yang sering membaca koran mungkin tidak asing dengan kata iklan baris. Yapss di koran di koran kita bisa memasang iklan sesuai keinginan kita. Mau pasang iklan 1 baris atau 1 halaman tetapi biasanya mempunyai lebarnya iklan akan mempengaruhi biaya.

  • Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).

contoh-strategi-pemasaran

Bagi anda yang mempunyai yellow page mungkin anda pernah melihat bahwa didalam buku yellow page ada sebuah iklan. Dibuku ini anda bisa mengiklankan produk anda akan tetapi sepertinya beriklan menggunakan yellow page kini mulai ditinggalkan

  • Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
  • Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
  • Berpromosi lewat surat (direct mail).
  • Menjadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
  •  Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
  •  Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
  • Membangun citra perusahaan dengan kop surat yang menarik.
  • Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
  •  Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
  •  Membuat tempat khusus untuk memamerkan usaha Penjualan Makanan Kecil
  • Merancang pemasaran jarak jauh (telemarketing)
  •  Membuat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun
  • Menerbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali
  • Mencetak kalender dan membagikannya sebagai souvenir.
  • Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis Penjualan Makanan Kecil.
  •  Membuat stiker dengan logo dan slogan perusahaan dan membagikannya
  • Membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan lalu membagikannya.
  • Menjajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
  • Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
  • Memanfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi
  • Berterimakasih pada konsumen dengan mengirimi surat
  •  Menjaga hubungan dengan konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
  • Memasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
  • Menyewa agen periklanan atau humas (Public Relation)
  •  Menyelenggarakan kontes atau sayembara yang bersifat promosi
  • Menyelenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
  • Menyelipkan brosur, katalog promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
  • Mencari calon konsumen di pameran-pameran.
  • Mencari calon konsumen di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Penjualan Makanan Kecil
  •  Menari calon konsumen di seminar-seminar.
  •  Mencari konsumen potensial di majalah atau koran
  •  Mengemas brosur, daftar harga, dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk konsumen.
  •  Memasang papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
  •  Menyebarkan brosur yang diselipkan di wiper kaca mobil.
  •  Mencetak kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
  •  Memasang logo dan nama perusahaan di kendaraan perusahaan.
  •  Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar.
  •  Menyiapkan video tentang profil perusahaan.
  •  Menyiapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
  •  Menyiapkan contoh produk gratisan.
  • Menyediakan kesempatan pada calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi.
  • Mensponsori acara amal.
  • Menyebarkan kartu nama ke kenalan, saudara, teman, atau siapa saja.
  • Membuat mug dan membagikannya sebagai cinderamata
  • Membuat topi sebagai hadiah
  • Menerbangkan balon berisi logo perusahaan pada acara-acara tertentu
  • Beriklan di media elektronik seperti radio dan televisi
  • Pasang papan iklan di reklame, halte bus, dan tempat-tempat strategis

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Contoh Strategi Pemasaran. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang Bagaimana menjalanlankan bisnis online. Semoga bisnis yang sedang anda jalan saat ini dapat bertahan dan terus bertumbuh dan semoga dengan wasilah bisnis anda saat ini anda dapat melakukan kebaikan bagi umat muslim.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Contoh Strategi Pemasaran. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”