kisah ingin menjadi santri

Catatan Ingin Menjadi Santri

Mungkin sebagian dari anda, ada yang ingin menjadi santri. Hari ini penulisngapak.com akan menulis catatan ingin menjadi santri untuk anda yang berkeinginan menjadi santri. Namun belum jadi nyantri dikarenakan berbagai hal.

Catatan Ingin Menjadi Santri

Catatan Ingin Menjadi Santri

Banyak orang yang sebenernya ingin menjadi santri, termasuk saya. Keinginan itu muncul ketika kita berteman dengan mereka. Entah kenapa ketika melihat orang yang nyantri, kita sering merasa kehidupan mereka tenang, tentram dan bahagia.

Mungkin anda juga merasakanya

Saya pribadi mempunyai banyak teman yang nyantri, entah itu teman sekolah, teman main atau teman di dunia maya. Saya melihat kecenderungan mereka yang nyantri banyak melakukan amal soleh dan jarang berbuat maksiat. Tentunya bagi saya pribadi, mereka berhasil membuat saya iri terhadap mereka.

catatan Ingin Menjadi Santri

Siapa yang tak ingin soleh dan soleha?

Semua orang tentu ingin menjadi soleh dan soleha. Mereka yang soleh tentu lebih banyak belajar tentang ilmu agama daripada ilmu dunia. Dan mungkin anda dan saya tau juga, bahwa tempat yang banyak mempelajari ilmu agama adalah di pesantren.

Yang di pikiran saya tentang pesantren?

Namun ketika saya mendengar kata pesantren, otak saya langsung membayangkan kehidupan yang di tidak bisa bebas. Bagaimana tidak? teman-teman saya banyak menceritakan jika mereka selalu dalam lingkungan pesantren saja, jarang jalan-jalan bahkan tidak pernah megang hp.

kisah ingin jadi santri

Mungkin karna kebiasaan saya

Kebiasaan saya sehari hari adalah bermain, entah itu bermain keluar rumah atau sekadar bermain game. Jika saya membayangkan kehidupan yang selalu mengaji, jarang bermain bahkan tidak pernah pegang hp. Bagi saya pribadi cukup berat untuk menjalani hidup seperti itu.

Tapi saya sadar

Saya sadar bahwa mempelajari ilmu agama itu sangat penting. Karna sering kali saya merasakan kawatir tentang urusan dunia terutama rejeki. Padahal saya tau bahwa rejeki itu sudah ada yang ngatur yaitu Allah Ta’ala dan rejeki itu tidak akan tertukar.

kisah ingin menjadi santri

 

Tapi entah kenapa?

Entah kenapa walaupun saya tau hal tersebut, sering kali saya masih tetap kawatir tentang rejeki. Tetapi ketika saya melihat orang-orang yang sudah lama nyantri mereka terlihat santai-santai saja. Walau sering kali mereka memiliki penghasilan yang sedikit.

kisah ingin menjadi santri

Saya harus banyak belajar.

Saya termasuk anak yang umurnya masih muda, dimana saya sadar saya harus banyak belajar. Belajar ilmu agama dan ilmu dunia. Terutama ilmu agama karna jika belajar ilmu dunia saja saya kawatir akan celaka di akhirat nanti. Karna “Barang siapa yang mengejar akhirat maka dunia akan diraihnya. Barang siapa yang mengejar dunia saja maka Allah Ta’ala akan kasih tetapi urusan akhirat Allah Ta’ala tidak akan kasih”.

kisah ingin menjadi santri

Akhirnya saya memutuskan

Setelah saya pertimbangkan dengan matang, bahwa saya harus mondok tahun ini. Tetapi ketika hendak ingin mondok saya berpikir lagi, karena selama ini saya menjalankan bisnis online. Dimana saya tidak bisa lepas dari yang namanya internet.

Adakah pondok yang saya inginkan?

Kemudian saya bertanya-tanya dalam hati, apakah ada pondok yang belajar juga tentang bisnis online? Karna selama ini saya yang ada di otak saya pondok itu tidak pegang hp dan fokus menghafal Al-Qur’an. Lantas saya tidak berdiam diri dan terus berusaha mencari informasi mengenai pondok yang saya inginkan.

Harus menunggu selama 6 bulan

Selama proses pencarian pondok yang saya inginkan, saya harus menunggu selama 6 bulan. Sampai Allah Ta’ala memberikan saya petunjuk melalui teman facebook saya yang membagikan informasi bahwa ada pondok modern yang support dengan bisnis online. Jadi istilahnya mondok sambil berbisnis online gitu.

kisah ingin menjadi santri

Sintesa Tempatnya

Pondok tersebut bernama Sintesa yang beralamatkan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ketika Pondok Sintesa membuka pendaftaran santri baru lantas saya tak mau pikir panjang. Pada waktu itu juga saya langsung mengisi form pendaftaran yang ada di Sintesa.net.

kisah ingin menjadi santri

Proses Penerimaan

Selama proses menunggu pengumuman penerimaan santri baru, saya berdoa agar bisa belajar disana. Sebelum pengumuman, calon santri diwawancari terlebih dahulu oleh pihak panitia sintesa. Singkat cerita alhamdulilah saya diterima menjadi santri dan di perkenankan langsung untuk belajar disana selama 1 tahun In sha Alloh.

Pada Akhirnya

Dan pada akhirnya Allah Ta’ala memperkenankan saya untuk bisa nyantri di pondok yang fokus menghafal Al-Qur’an dan Bisnis Online tahun ini. Saya bersyukur sekali atas apa yang diberikan Allah Ta’ala kepada saya. Dan tahun ini merupakan pengalaman nyantri pertama saya.

Selama Nyantri.

Setelah saya menjalani proses nyantri di Sintesa. Ternyata nyantri itu menyenangkan dan omongan-omongan negatif tentang pondok ternyata salah. Buat anda yang pengen nyantri Penulisngapak.com menyarankan kepada pembaca jika ingin nyantri atau mondok hendaknya memperhatikan hal berikut :

  • Usia Pondok sudah lama.

  • Pondok mempunyai kredibilitas yang bagus

  • Pengajarnya mempunyai track record yang bagus

  • Kegiatannya positif dan jelas.

  • Tidak menyimpang dari ajaran Al-Qur’an dan Hadist

Catatan Ingin Menjadi Santri

Sekian tulisan dari penulisngapak.com tentang Catatan Ingin Menjadi Santri semoga dapat bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi santri.