Tips dan Cara serta gambar Mengganti Popok Bayi Laki-laki dan perempuan, bayi baru lahir beserta cara memandikan

Bagaimana Cara Mengganti Popok Bayi Yang Dapat Membuat Nyaman Si Bayi? Simak Tips Berikut Ini

cara mengganti popok bayi – Apakah bunda tau? Bayi memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi? Dikarenakan lebih mudah mengalami iritasi maka popok bayi harus sering diganti. Terkadang orang tua kurang paham akan hal tersebut, bahwa popok bayi harus diganti sekitar 4-6 kali dalam sehari.

Tips dan Cara serta gambar Mengganti Popok Bayi Laki-laki dan perempuan, bayi baru lahir beserta cara memandikan

 

Bunda berhati-hatilah dalam memilih popok bayi. Jika bunda tidak hati-hati kulit bayi bunda bisa mengalami iritasi. Usahakan carilah popok yang cocok untuk si kecil dan  harap perhatikan bagaimana cara pemakaiannya. Jangan selalu mencari popok yang praktis karena popok praktis mempunyai dampak positif dan negatifnya.

Banyak orang tua yang lebih memilih memakaikan popok sekali pakai pada si kecil. Ketika ditanya mengapa memakai popok sekali pakai jawaban para orang tua dikarenakan popok sekali pakai praktis dalam penggunaan. Tak bisa dipungkiri jika popok sekali pakai mempermudah pekerjaan para orang tua. Di zaman sekarang popok sekali pakai juga makin marak beredar dipasaran dan popok sekali pakai juga memiliki banyak varian.

Popok sekali pakai kini juga dibuat khusus oleh para produsen, ada yang dibuat khusus untuk bayi laki-laki ada juga untuk bayi perempuan. Apapun merk popoknya dan apapun variannya, setiap popok memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kebersihan adalah faktor terpenting dalam memilih popok dan untuk para orang tua diharapkan jangan sekali-kali mengabaikan masalah kebersihan popok. Fakta dilapangan menunjukan bahwa para ibu seringkali merasa yakin bahwa dengan memakaikan popok sekali pakai kepada si kecil maka si kecil selalu dalam kondisi bersih terus.

cara-mengganti-popok-bayi

Jika para orang tua tau, bahwa jika popok sekali pakai sudah penuh dikarenakan si bayi kencing berulang kali, maka daerah di sekitarnya menjadi lembab dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit si bayi. Rekatan yang rapat pada popok sekali pakai juga dapat membuat kulit si bayi menjadi tidak bisa bernafas. Jadi diharapkan kepada bunda untuk tetap berhati-hati dalam memakaikan popok sekali pakai.

Bakteri dan jamur dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebar dikarenakan kelembaban yang ditimbulkan akibat tumpukan air seni atau tinja. Ditambah lagi bunda yang hobi memakaikan bedak kepada si kecil di sekitar alat kelamin atau anus si kecil. Jika demikian maka popok sekali pakai tak lagi menjadi higenis dan dari sinilah kulit si kecil mengalami iritasi.

Tips Jika Si Kecil Memakai Popok Di Aper

cara-mengganti-popok-bayi2

1. Diharapkan para orang tua terutama ibu jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan kemudian mengeringkan alat kelamin si kecil termasuk daerah anus sebelum memakaikan diaper.

2. Para orang tua harus yakin jika hendak memakaikan baby oil ataupun krim kepada si kecil. Pastikan zat yang terkandung didalamua tidak menimbulkan iritasi ketika terkontaminasi dengan popok sekali pakai.

3. Sebelum menceboki si kecil pastikan tangan dalam kondisi bersih

4. Jangan pernah tergesa-gesa ketika memakaikan popok sekali pakai pada si kecil, karena sering kali orang tua lupa mana bagian untuk menutupi bokong dan mana untuk bagian alat kelamin

5. Pastikan perekat pada popok sekali pakai dibuka ketika popok sudah menempel di bokong bayi.

6. Angkatlah kedua pergelangan kaki si kecil hingga bokong ikut terangkat dan masukan popok sekali pakai ke celah tersebut sampai satu sisinya segaris dengan pinggang si kecil

7. Lipatlah bagian depan popok kearah perut. Jika bunda memiliki bayi laki-laki maka sebelumnya bunda harus mengatur terlebih dahulu posisi penisnya dan arahkan ujung penis kearah kaki (pangkal paha)

8. Peganglah salah satu sisi popok yang sudah menutupi alat kelamin dengan satu tangan, kemudian agak ditekan dengan satu jari sementara tangan lainnya melepaskan perekat untuk kemudian direkatkan kebagian depan, sejajar sisi atas diaper. Lakukan Hal yang sama pada sisi satunya.

9. Jika memakaikan diaper usahakan si kecil merasa nyaman dan tak berkerut. Jika diaper terlalu longgar atau terlalu rapat maka perbaiki kembali letak perekatnya. Minimal terdapat ruang untuk 1 jari anda. Diaper yang bagus biasanya memiliki nomor di sebelah kiri dan kanan bagian depan tempat perekatan sebagai ukuran pinggang si bayi

Mungkin dari sekian banyak para orang tua. masih ada sebagian yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti popok bayi sekali pakai atau cara mengganti popok kain. Maka dari itu penulisngapak.com akan memberikan penjelasan mengenai cara mengganti popok sekali pakai atau popok kain.

Cara Mengganti Popok Bayi

Tips dan Cara serta gambar Mengganti Popok Bayi Laki-laki dan perempuan, bayi baru lahir beserta cara memandikan

  1. Bukalah pakai atau celana si bayi agar tidak terkena kotoran
  2. Lepas popok dengan cara melipatnya ke arah belakang (Agar bagian yang sudah kotor tidak menempel si bayi)
  3. Gunakan bagian depan untuk membersikan kotoran si bayi dan lindungi alat kelamin si bayi dari kotoran dengan kain yang bersih.
  4. Biarkan terlebih dahulu popok berada di bawah pantat bayi mungkin masih ada kotoran yang keluar lagi, setelah itu barulah disingkirkan
  5. Angkatlah kedua kaki si bayi sampai pantat terangkat kemudian bersihkan area pantat hingga kebagian depan menggunakan tisu atau kain basah yang lembut. Jika si bayi adalah bayi perempuan, seka dari depan ke belakang menjauhi vagina untuk menghindari infeksi
  6. Setelah pantat bayi sudah dibersihkan dan dikeringkan, letakkan bagian popok yang bertali di bawah pantat bayi
  7. Kemudian lipat ke atas bagian depan popok hingga menutupi alat kelamin si bayi. Simpulkan tali di tengah atau anda bisa menggunakan peniti bayi
  8. Terakhir gantilah pakaian si bayi dan jangan lupa mencuci tangan.

Gambar Penjelasan.

cara mengganti popok bayi

Cara Aman Memilih Popok Bayi Jenis Diapers

  • Daya serap dari diapers

Popok bayi sekali pakai umumnya mempunyai daya serap yang lumayan tinggi supaya kondisi permukaan popok tetap dalam keadaan kering, agar tidak menimbulkan iritasi atau ruam popok yang dapat menyebabkan si bayi menjadi tak nyaman. Ketika Anda memilih popok bayi, maka pilihlah popok atau diapers yang mempunyai anti bakteri yang mempunyai serat yang lembut serta anti bocor.

  • Ukuran diapers

Apabila popok bayi dalam keadaan tidak sempit (Longgar ) atau terlalu ketat dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman bagi si bayi, bahkan jika diapers tersebut digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, jika bunda memilih popok bayi diapers yang terlalu kecil, maka yang terjadi keadaan kulit akan lembab serta dapat menimbulkan lecet pada bagian kulit si bayi di sekitar paha, namun apabila anda memilih popok bayi diapers yang terlalu longgar maka rawan terhadap bocor di bagian samping. Maka dari itu, para orang tua dianjurkan untuk memilih popok yang sesuai dengan usia  bayi atau berat badan si bayi agar tidak menimbulkan masalah.

  • Diapers dengan perekat atau yang berbentuk celana

Terkadang para orang tua khususnya bunda akan di bingungkan untuk memilih popok bayi diapers dengan model celana atau model perekat. Nah, sebaiknya para orang tua mengenakan model yang menggunakan perekat bagi bayi yang baru saja lahir, dikarenakan model ini cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan model celana. Akan tetapi anda juga dapat menggunakan model celana apabila kondisi tubuh bayi mempunyai berat badan yang besar, bukan hanya mudah untuk di gunakan, namun model celana juga akan membuat si bayi menjadi nyaman ketika menggunakannya.

Itulah beberapa cara aman memilih popok diapers atau popok bayi sekali pakai. Sebaiknya Anda dapat memilih diapers yang mana untuk di gunakan si bayi, dan pastikan ukuran popok itu pas dengan ukuran badan si bayi agar tidak menimbulkan masalah.

Adapun Cara Mengganti Popok Bayi Kain.

Perbedaan cara mengganti popok bayi dan memakaikan popok hanya terletak pada tali pengikatnya yang berjumlah dua, selebihnya sama dengan popok sekali pakai.

Selain itu peralatan yang diperlukan ketika mengganti popok antara lain adalah :

  • Kapas atau tisu basah atau lap kain

  • Baskom kecil berisi air hangat untuk mencuci pantat si bayi

  • Handuk kecil berbahan lembut ( untuk mengeringkan pantat bayi setelah dibersihkan )

  • Popok bersih

  • Bila diperlukan sedikan juga krim untuk mencegah ruam popok ( para orang tua dapat membelinya di toko peralatan bayi )

cara-mengganti-popok-bayi1

 

Mengganti popok bayi merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh para orang tua. Meski kenderangannya mudah dilakukan akan tetapi beberapa orang tua mengeluh ketika mengganti popok si bayi dengan beberapa alasan. Apalagi ketika mereka mempunyai bayi yang aktif sehingga sebagian para orang tua harus memiliki strategi untuk mengganti popok bayi.

Dalam proses mengganti popok bayi mungkin dapat dilakukan sekitar 2 sampai 3 jam dalam sekali. Seringkali para orang tua merasa kesulitan ketika mengganti popok bayi, apalagi sang bayi aktif dalam bergerak. Alangkah baiknya jangan dulu berasumsi bahwa bayi anda yang super aktif yang menyebabkan anda kesulitan dalam mengganti popok, karena memang pada dasarnya mengganti popok bayi membutuhkan skill dan kesabaran.

Jika para orang tua belum terlatih dalam mengganti popok maka akan mengalami kesulitan dalam mengganti popok bayi yang aktif, saran kami teruslah belajar dan bersabar dalam menghadapi sang bayi. Maka dari itu diartikel ini penulisngapak.com juga akan membahas tentang bagaimana caranya mengganti popok bayi yang aktif.

Cara Mengganti Popok Bayi Yang Aktif

cara-mengganti-popok-bayi

  •  Sebelum proses mengganti popok, para orang tua dapat memberikan beberapa kegiatan yang seru dan menarik. Misalkan dengan menyanyi atau membuat tertawa sang bayi sehingga bisa menarik perhatian sang bayi untuk bisa tetap tenang.
  • Kedua para orang tua juga dapat menjepitkan mainan favorit di mulut sehingga bayi berusaha merebut mainan tersebut dan gantilah mainan jika sewaktu waktu bayi anda merasa bosan
  • Kemudian para orang tua juga dapat menggerakan jarinya naik turun pada bagian kaki dan perut sehingga si bayi dapat tertawa dan anda dapat mengganti popok si bayi dengan mudah
  • Para orang tua juga dapat merubah ekspresi wajah yang lucu ketika mengganti popok bayi. Namun kegiatan itu jangan dilakukan ketika anda sedang membersihkan pantatnya
  • Terakhir lakukanlah pergantian popok bayi dengan cepat.

Setelah mengganti popok bayi jangan lupa tetap menjaga kebersihannya dengan cara mencuci tangan anda pada air yang mengalir jika perlu cucilah tangan anda dengan cairan antiseptik.

Dalam memilih popok untuk anaknya sering kali orang tua terutama ibu mengalami kesulitan dan kebingungan. Popok mana yang cocok untuk anaknya, terkadang ketika memakaikan popok ini kadang anak merasa tidak nyaman atau ketika memakai popok itu si anak malah mengalami alergi.

Maka dari itu para orang tua ataupun ibu perlu mengetahui apa saja kelebihan popok sekali pakai dan apa saja kekurangannya serta kelebihan dan kekurangan popok kain. Sehingga para ibu dapat memilih popok yang sesuai untuk si anak dan cocok ketika megalami moment tertentu.

Untuk mengatasi kegundahan para orang tua berikut akan kami uraikan juga apa saja kelebihan dan kekurangan popok kain dan apa saja kekurangan dan kelebihan popok sekali pakai.

Popok Kain

Dipasaran kini banyak sekali popok kain yang tersedua dan ada banyak sekali pilihannya. Kini tidak lagi berupa selembar kain dengan tali seperti yang ada di zaman orang tua anda dulu.

Popok kain kini tampil lebih modern lagi, mungkin anda pernah mendengar kata “Clodi”. Popok jenis ini terdiri dari luaran yang berbentuk celana kancing perekat dan dilengkapi dalaman yang berfungsi menyerap kotoran si bayi.

Kelebihan

  • Popok jenis ini dapat menghemat pengeluaran karna harganya yang lebih murah ketimbang popok sekali pakai
  • Popok kain lebih ramah lingkungan
  • Cenderung lebih aman dipakai anak dan si anak juga akan terhindar dari ruam popok
  • Popok ini akan lebih mudah untuk mengajari anak potty training sehingga akan lebih cepat meninggalkan ketergantungan terhadap popok.

Kekurangan

  • Popok ini gampang sekali bocor
  • Tidak cocok untuk dipakai ketika anda berpegian jauh.
  • Ketika mencucinya maka popok ini akan lebih banyak menghabiskan waktu

Popok Sekali Pakai

Kelebihan

  • Banyak anak yang merasa nyaman ketika memakai popok sekali pakai
  • Popok sekali pakai juga tidak mudah bocor
  • Ketika anda berpegian jauh maka popok sekali pakai wajib dibawa agar anda tidak repot mengganti popok si bayi.
  • Ukuran popok sekali pakai juga bervariatif sehingga bisa disesuaikan dengan usia bayi dan berat badannya

Kekurangan

  • Popok jenis ini tidak ramah lingkungan karena hanya dapat digunakan sekali saja habis itu dibuang.
  • Popok sekali pakai mengandung bahan kimia berupa dioxin, gel dan juga pewarna walaupun belum ada bukti dari pihak terkait bahwa zat ini berbahaya bagi bayi
  • Popok ini dapat menimbulkan efek alergi
  • Dikarenakan popok ini lebih nyaman dipakai oleh si bayi maka akan lebih sulit mengajari potty training.

Banyak Dokter yang menyarankan kepada para orang tua untuk menggunakan popok kain untuk si bayi karena popok kain yang cenderung lebih aman dan lebih ramah lingkungan ketimbang popok sekali pakai. Selain itu popok sekali pakai juga boros dan dapat meningkatkan pengeluaran keluarga.

Akan tetapi jika anda beserta keluarga sedang melakukan perjalanan jauh maka popok sekali pakai tetap menjadi solusi praktis karena anda tidak perlu mengganti popok bayi lebih cepat ketimbang popok kain.

Agar lebih jelasnya kami juga menyertakan beberapa video untuk anda mengenai seputar cara menggantikan popok bayi agar pengetahuan anda lebih luas lagi.

Cara Memakaikan Popok Bayi

Review Popok Bayi

Hati Hati Beredarnya Popok Bayi Sisa Limbah

Cara Merawat Bayi

Ketika seorang perempuan sudah mempunyai bayi maka ia harus mengetahui bagaimana cara merawat bayi yang baik dan benar. Seperti halnya cara menggantikan popok bayi, cara membersihkan hidung bayi, dan lain sebagaimanya. Pengetahuan haruslah dimiliki seorang perempuan sebelum ia memiliki anak.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara mengganti popok bayi. Semoga dapat bermanfaat untuk bunda yang mempunyai bayi. Dalam memakaikan popok sebaiknya bunda mencari informasi terlebih dahulu dan usahakan aman dan nyaman buat si bayi.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang cara mengganti popok bayi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”