CARA MENCARI MODAL-AWAL

Cara Mencari Modal Awal Untuk Usaha TANPA Bank, Pinjaman, dan Hutang.!!

Cara Mencari Modal Awal – Siapa saja orang yang ingin menekuni dunia bisnis awalnya pasti memikirkan bagaimana cara mendapatkan modal? Mindset para pengusaha pemula kebanyakan adalah “Bisnis Harus Memakai Modal, Tak Ada Modal Bisnis Tak Jalan”.

Cara Mencari Modal Awal

Modal memang diperlukan ketika seseorang ingin menjalankan sebuah bisnis. Namun modal tidak selalu menjadi prioritas ketika ingin menjalani sebuah bisnis. Banyak orang yang gagal berwirausaha dikarenakan tidak memiliki modal, sebagian orang lagi mencari cara instan dalam mencari modal awal.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung bagaimana cara mencari modal awal dalam membangun sebuah bisnis. Menurut anda rasanya tidak mungkin bisa jalan sebuah bisnis tanpa adanya modal. Untuk menjawab keraguan anda maka dari itu kami mencoba menulis artikel bagaimana Cara Mencari Modal Awal.

Memahami Tentang Modal

CARA MENCARI MODAL-AWAL

Sebelum menuju ke pembahasan utama alangkah baiknya anda memahami dulu apa itu modal? Modal adalah sesuatu untuk mendirikan atau menjalankan usaha. Dimana sesuatu tersebu tidak selalu berupa uang, modal juga dapat berupa tenaga/keahlian. Bahkan seorang teman juga dapat dikategorikan sebagai modal. Heee

Apakah anda sudah paham makna dari sebuah modal untuk menjalankan bisnis? Jangan berpindah terlebih dahulu ke topik selanjutnya sebelum anda paham betul makna dari sebuah modal. Ketika anda belum paham betul bagaimana mengartikan sebuah modal maka bisa mempengaruhi mindset dan kinerja anda dalam menjalankan bisnis nantinya.

Apabila anda sudah paham maka anda boleh melanjutkan ke topik pembahasan selanjutnya. Di awal kami sudah menjelaskan makna dari modal untuk menjalankan usaha. Lalu bagaimana cara menyikapinya agar kita mendapatkan modal?

Menyikapi Modal Usaha

Ketika anda mempunyai keinginan untuk memiliki modal bisnis maka modal tersebut tidak langsung secara tiba-tiba di depan anda. Selain itu modal juga tidak bisa secara cepat dapat anda dapatkan karna untuk mendapatkan modal bisnis anda harus melalui proses terlebih dahulu.

Jangan pernah selalu berpikir untuk mendapatkan modal bisnis secara instan apalagi anda yang belum pernah menjalankan sebuah bisnis. Bisa jadi modal bisnis yang anda dapatkan secara cepat justru malah akan mencelakaan diri anda dan bisnis anda. Dikarenakan anda belum memperhitungan risiko yang terjadi nantinya.

Perhitungkan Secara Benar

Maka dari itu sebelum anda mendapatkan modal cash (uang) anda harus selalu bersikap hati-hati dan penuh perhitungan. Perhitungkan berapa keuntungan dari bisnis anda jika anda mengambil modal tersebut. Berapa kerugian yang harus anda tanggung jika bisnis anda nantinya bangkrut?

Banyak orang yang kurang tepat dalam mengambil keputusan-keputusan ketika ingin mendapatkan modal untuk menjalankan bisnisnya. Salah satunya keputusan yang kurang tepat tersebut sering terjadi di masyarakat dan banyak sekali para pengusaha pemula yang bertumbangan ketika melakukan hal tersebut. Kami berharap anda jangan melakukan hal tersebut, jika ingin melakukannya sebaiknya berpikir 10-20 kali lipat.

Kesalahan Dalam Mencari Modal.

  • Pinjaman Ke Bank.

CARA MENCARI-MODAL-AWAL

Banyak sekali para pengusaha pemula ketika mereka ingin menjalankan bisnisnya namun terkendala di modal, mereka langsung mengambil jalan pintas dengan cara melakukan pinjaman ke Bank. Jika anda masih awal-awal dalam menjalankan bisnis saran kami jangan lakukan pinjaman ke bank karena beberapa alasan :

  • Cicilan Datangnya Pasti Omset Datangnya Tidak Pasti

Yang terkadang dilewatkan oleh kebanyakan orang terutama pengusaha pemula ketika meminjam bank adalah mereka tidak memikirkan hal ini. Secara logika apakah anda bisa (Baca : sanggup) membayar sesuatu yang pasti dengan sesuatu yang tidak pasti? Tentu rasanya tidak masuk akal jika anda melakukan demikian.

Apakah anda bisa menjamin omset dari bisnis anda bisa stabil sampai cicilan hutang anda lunas? Jika anda berpikir bisa tentu dapat dipastikan 90% anda adalah seorang pebisnis pemula. Dikarenakan anda belum mengetahui keadaan yang sesungguhnya nanti dilapangan.

Mungkin dalam waktu 1-3 bulan anda mengira bahwa bisnis anda sehat dan lancar-lancar saja. Anda dapat membayar cicilan hutang tepat pada waktunya. Akan tetapi ketika bisnis anda sudah berjalan 6 bulan dan seterusnya maka akan timbul-timbul banyak masalah dalam bisnis anda.

Ketika masalah itu mulai muncul satu per satu dalam waktu singkat dapat dipastikan omset bisnis anda akan menurun. Apabila sudah mulai menurun pertanyaannya apakah anda sanggup membayar cicilan pinjaman anda setiap bulan? Jika tidak sanggup membayarnya maka siap-siap terkena “Pinalti” oleh pihak bank. Maka dari itu tidak masuk akal rasanya jika sesuatu yang pasti dibayar dengan sesuatu yang tidak pasti.

  • Gali Lubang Tutup Lubang.

Alasan kedua anda tidak boleh melakukan pinjaman ke bank ketika anda baru membangun bisnis adalah bisnis anda akan sulit bertumbuh. Bayangkan saja apabila anda baru saja mendapatkan keuntungan bisnis yang jumlahnya tidak banyak, kemudian harus dipotong untuk membayar cicilan hutang.

Mungkin bulan depannya lagi anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar akan tetapi keuntungan tersebut harus dipotong lagi untuk membayar cicilan hutang anda. Pertanyaannya? Mau sampai kapan keuntungan bisnis hanya untuk membayar cicilan hutang. Ya kalo keuntungannya sanggup untuk bayar cicilan kalo tidak sanggup?

  • Mengandung Riba.

CARA MENCARI-MODAL-AWAL

Jika sudah masuk ke ranah ini maka dapat dipastikan anda akan berpikir 50-100 kali lipat jika ingin melakukan pinjaman ke bank. Sebelum anda membaca ini kami ingin bertanya kepada anda? apakah agama anda islam? Apakah anda benar-benar percaya dan mengikuti pedoman umat islam yaitu Al Qur’an dan Hadist?

Sebelum anda melanjutkan ke topik selanjutnya alangkah baiknya anda menjawab pertanyaan diatas. Jika anda tidak menjawab pertanyaan diatas maka sudah dapat dipastikan 100% waktu anda terbuang sia-sia untuk membaca artikel ini. Daripada waktu anda terbuang sia-sia lebih baik anda close halaman ini saja.

Akan tetapi saya yakin anda tidak mungkin akan melewati hal tersebut begitu saja. Karna ketika anda memutuskan untuk membaca artikel ini sampai akhir anda akan mendapatkan ilmu yang berharga apalagi ketika anda memutuskan untuk selalu membaca artikel di halaman web ini.

Baca Juga : Bagaimana Memaknai Persaingan Usaha / Bisnis

Oke langsung saja kenapa anda tidak boleh melakukan pinjaman dana ke bank untuk modal berbisnis karena pinjaman di bank mengandung Riba? Taukah anda soal riba? Riba adalah suatu penambahan uang ketika anda melakukan hutang piutang.

Misalkan anda melakukan pinjaman uang ke bank Rp. 10.000.000 ketika anda mengembalikan pinjaman uang ke bank beberapa bulan ke depan, anda mengembalikannya sejumlah Rp, 10.100.000. Itu berarti uang yang 100 ribu termasuk kedalam golongan riba?

Taukah anda Seberapa Besarkah Dosa Riba Itu? Dosa Riba itu sama saja dengan berzina dengan ibu kandung sendiri. Dosa berzina saja sudah sangat besar apalagi berzina dengan ibu kandung sendiri? Apakah anda dapat membayangkan betapa besar dosa tersebut? Tentunya anda akan mendapatkan dosa yang berlipat-lipat

Adapun Hadist yang yang menegaskan akan hal tersebut adalah

dosa-riba

Dari keterangan hadist di atas bahwa dari 73 pintu riba dosa yang paling ringan adalah seperti berzina dengan ibu kandung sendiri. Apabila dosa yang paling ringan seperti bagaimana dosa yang paling berat? Sangan mengerikan sekali bukan.

Bahkan masih ada hadits lain yang menyebutkan tentang bahayanya dosa riba dimana haditsnya hampir mirip, yaitu haramnya dosa riba lainnya adalah saama dengan 36 perempuan pezina, Dimana disebutkan dalam hadits berikut ini :

bahaya-dosa-riba

Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai bahaya dosa riba anda dapat membaca artikelnya disini “Bahaya Dosa Riba“. Itulah 3 alasan besar kenapa anda tidak diperkenankan untuk melakukan pinjaman ke bank. Apabila anda ingin melakukan pinjaman sebaiknya anda berpikir 10-100 kali lipat.

  • Berhutang Kepada Teman

CARA MENCARI-MODAL-AWAL

Berhutang ketika baru memulai usaha sangat tidak dianjurkan karena berhutang memiliki dampak yang negatif. Sebuah perteman bisa hancur gara-gara hutang. Apakah anda rela pertemanan yang sudah anda bangun bertahun-tahun pupus begitu saja hanya gara-gara sebuah hutang.

Banyak sekali contoh di masyarakat, hubungan pertemanan menjadi hancur gara-gara sebuah hutang. Ketika seseorang berhutang seringkali lebih mudah untuk mengucapkan janji terutama janji membayar hutang. Ketika anda sudah berjanji membayar hutang 1 bulan lagi akan tetapi anda tidak dapat memenuhinya karna suatu hal dimana anda harus “Molor” dalam membayar hutang. Mungkin teman anda dapat memakluminya.

Apabila 1 bulan mungkin dapat dimaklumi jika anda sudah berkali-kali berjanji untuk membayar hutang tetapi tak kunjung anda penuhi maka otomatis teman anda tidak akan percaya lagi kepada anda. Jika hal ini terjadi maka hubungan pertemanan anda dengan teman anda akan senggang.

Maka dari itu kami sarankan ketika anda baru memulai usaha jangan langsung mengambil hutang. Entah itu berhutang ke bank apalagi berhutang kepada kawan anda. Lantas bagaimana solusi Cara Mencari Modal Awal untuk membangun usaha anda. Kami akan mencoba menguraikannya berikut ini.

Cara Mencari Modal Awal

  • Bersabar dan Berdoa

cara-mencari-modal-awal-usaha

Sebelum melakukan langkah lain yang akan disampaikan di artikel ini alangkah baiknya anda bersabar sambil berdoa kepada Allah Ta’ala. Berdoalah kepada Allah Ta’ala yang Maha Kaya agar diberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka untuk dapat menjalankan bisnis.

Selain itu lakukan juga perbanyak Solawat Nabi misal 100 kali setiap hari, lakukan juga solat dhuha dan tahajud. Jangan lupa sedekah + solat wajib jangan sampai bolong-bolong kalo bisa solat wajibnya di masjid (bagi laki-laki).

  • Bekerja Terlebih Dahulu

cara-mencari-modal-awal-usaha

Jika anda belum mempunyai modal untuk menjalankan bisnis, anda bisa bekerja terlebih dahulu di tempat orang lain untuk mendapatkan modal usaha. Ketika anda bekerja niatkan untuk mencari modal untuk menjalankan bisnis. Jangan sampai anda kebablasan bahkan keterusan dalam bekerja sehingga lupa bahwa anda ingin menjalankan bisnis.

  • Menggunakan Dana Tabungan

cara-mencari-modal-awal-usaha

Jika anda mempunyai tabungan maka anda bisa gunakan terlebih dahulu tabungan anda sebagai modal awal menjalankan bisnis anda. Jika bisa jangan gunakan semua tabungan anda untuk modal membangun bisnis. Sisakan sedikit tabungan anda jika misal ada keperluan lain yang dapat menunjang bisnis anda.

  • Patungan

cara-mencari-modal-awal-usaha-bisnis

Anda pasti memiliki teman bukan. Entah itu teman sekolah, teman bermain, teman kuliah atau yang lainnya. Cara mencari modal awal dalam membangun bisnis dapat anda lakukan dengan cara patungan bersama teman-teman anda.

Baca Juga : Resiko Berbisnis

Buatlah selembar kertas yang menceritakan tentang ide bisnis anda kemudian ceritakan kepada teman-teman anda. Ketika anda bekerjasama dengan teman-teman anda yang perlu digaris bawahi adalah sistem bisnis dan pembagian bisnis yang akan dijalankan harus jelaskan secara detail kepada kawan anda.

  • Modal Dari Konsumen

cara-mencari-modal-awal-usaha-bisnis

Anda juga bisa menggunakan modal dari konsumen sebagai cara mencari modal awal anda dalam menjalankan bisnis anda. Bagaimana caranya? Anda dapat menjual produk anda secara online, Jika anda belum mempunyai produk, anda bisa jual produk dari orang lain yang ada di sekitar anda atau produk dari internet.

Jika anda berjualan secara online maka konsumen akan membayarnya 100% di muka ketika ingin membeli produk anda. Nah ketika konsumen sudah membayar 100% maka anda tinggal belanjakan uang konsumen untuk membeli produk yang dijual. Untung yang anda dapatkan dari penjualan tersebut anda kumpulkan untuk anda jadikan modal dalam menjalankan usaha.

  • Menjual Aset

cara-mencari-modal-awal-usaha-bisnis

Cara terakhir Cara Mencari Modal Awal untuk menjalankan bisnis, jika anda tidak ingin bekerja dan tidak mendapatkan teman untuk di ajak menjadi partner bisnis adalah anda bisa menjual Aset anda seperti motor, mobil atau apapun itu untuk dijadikan modal.

Simak Video Tips Mendapatkan Modal Menurut Islam

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Cara Mencari Modal Awal. Semoga dapat membantu anda dalam mencari modal. Saran kami “Jangan pernah sekali-kali meminjam bank / berhutang dimana uang tersebut dijadikan modal untuk berbisnis”. Kebanyakan bisnis bangkrut atau rapuh dikarenakan pondasinya dibangun dengan Hutang.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Mencari Modal Awal. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”