cara-menari-konsumen-agar-loyal-terhadap-produk-kita

8 Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual

Cara Menarik Konsumen – Ketika pertama kali anda berjualan online hal yang paling susah yang akan anda alami adalah cara menarik konsumen apalagi anda yang saat ini sedang belajar cara jualan online di facebook. Apalagi di zaman sekarang, ketika banyak orang yang tertipu ketika belanja secara online.

Banyaknya orang yang sering tertipu ketika berbelanja online, membuat orang malas bahkan takut ketika ingin membeli produk secara online. Sehingga para penjual online harus memutar otaknya agar kon sumen mau membeli produk secara online. Karna bagaimanapun juga berbisnis membutuhkan yang namanya transaksi penjualan.

Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Banyak faktor yang sering mempengaruhi orang malas melakukan pembelian secara online, diantaranya adalah :

  • Harga Yang Mahal

Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Konsumen terkadang enggan membeli produk secara online dikarenakan harga produk yang terlalu mahal. Walaupun demikian tetap saja ada sebagian orang yang tetap membeli produk secara online walaupun harganya sudah mahal.

Jika dilihat dari segi harga sebenernya harga produk termasuk hal yang relatif dimata konsumen ataupun penjual. Semakin bagus dan berkualitas sebuah produk maka semakin mahal harganya, begitupun sebaliknya jika sebuah produk memiliki kualitas produk rendah maka harga produk juga tidak terlalu mahal.

Sebagai contoh misal jika anda hendak membeli sebuah sepatu yang berbahan kulit. Sepatu merk “79” di hargai 100 ribu sedangkan sepatu merk “Konze” memiliki harga 300 ribu jika anda ingin memilikinya. Walaupun sepatu merk 79 dan konze sama-sama sepatu yang berbahan kulit tetapi kualitas produk masing-masing.

Baca Juga : Strategi Promosi Jitu

Sepatu dengan merk 79 dengan harga produk Rp. 100.000 menggunakan bahan kulit sintetis. Sedangkan sepatu dengan merk konze yang di bandrol dengan harga Rp. 300.000 menggunakan bahan kulit ular korba. Dari segi kualitas seharusnya konsumen dapat memahami kenapa harga produk sepatu kulit dapat berbeda

  • Produk Yang Terkadang Tidak Sesuai Harapan

Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Sering kali pembeli merasakan kecewa ketika menerima barang yang dibelinya secara online tidak sesuai harapan mereka. Entah itu produknya ada yang cacat ataupun kualitas produk yang tidak sesuai harapan. Faktor ini dapat membuat trauma konsumen ketika membeli produk secara online.

Untuk meminimalisir konsumen kecewa saat menerima produk yang tidak sesuai harapan, penjual pun juga dituntut harus jujur dan terbuka ketika menjelaskan produknya kepada konsumen. Tujuannya agar konsumen tidak trauma ketika membeli secara online dan konsumen mau membeli produk beulang-ulang kali.

Konsumen juga terkadang kecewa terhadap produk yang diterimanya dikarenakan ukuran produk yang terkadang terlalu besar atau terlalu kecil. Ketika konsumen hendak ingin menukarkan barang ke penjual, ada penjual yang tidak menerima retur atau ketika konsumen ingin menukar produk yang dibelinya ia harus menanggung ongkirnya.

Seharusnya ketika anda sebagai penjual online anda harus memberikan fasilitas garansi produk ataupun uang kembali 100% kepada pembeli ketika mereka tidak puas terhadap produk yang anda jual. Agar mereka mau membeli produk anda secara online.

  • Uang Sudah Di Transfer Tapi Produk Tidak Datang

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Seringkali saya mendapati banyak cerita dari orang-orang yang belanja secara online bahwa produk yang mereka beli tidak sampai di tangan mereka. Konsumen merasa tertipu ketika uang yang sudah ia transfer tetapi produk yang ia beli tidak sampai di tangan mereka.

Jika jumlahnya hanya puluhan ribu mungkin tidak mengapa tetapi jika jumlahnya sudah mencapai puluhan juta? konsumen sudah pasti merasakan kecewa. Dampak negatifnya jika konsumen yang kena tipu ini menceritakan pengalaman paitnya ke teman-teman, sodara bahkan di sosial media.

Padahal seperti anda tau, tidak semua penjual online seperti itu tetapi dampak negatifnya adalah citra semua penjual online menjadi buruk. Kebiasaan mengeneralisir tersebut menjadi peringatan tersendiri buat para penjual online.

Ketika banyak orang yang malas berbelanja secara online kini para penjual online pun mulai merasakan dampaknya. Ada sebagian penjual yang merasa kesulitan mendapatkan pembeli secara online. Maka dari itu ilmu 8 Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual Anda wajib anda pelajari.

Ilmu ini wajib anda pelajari ketika anda masih menjadi pemula dalam berjualan secara online. Seringkali orang-orang yang baru pertama kalinya berjualan secara online belum bisa membuat konsumen mereka mau membeli produk yang ia jual.

Bagaimanapun juga penjual yang baru berjualan online ataupun penjual yang sudah lama berjualan secara online harus terus menerus mendapatkan pembeli agar bisnis yang ia jalankan bisa bertahan lama. Adapun penulisngapak.com kali ini akan membagikan 8 Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

8 Cara Menarik Konsumen

  • Tampilan Foto Profil dan Foto Sampul Yang Meyakinkan

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Ditulisan saya sebelumnya mengenai Tips dan Cara Berjualan Online Dengan Mudah Dan Menghasilkan sudah disinggung bahwa untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk anda foto profil atau foto sampul yang anda gunakan harus anda perhatikan.

Walaupun keliahatannya sepele namun ini sangat berpengaruh ketika anda berjualan online. Sudahkah anda menggunakan foto profil dan foto sampul yang dapat menyakinkan konsumen anda? Jika belum ayoo segera perbaiki foto profil dan foto sampul anda sekarang.

  • Dengarkan Keluhan atau Curhatan Mereka

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Seringkali konsumen mengeluarkan keluhan atau curhatan kepada penjual. Entah itu keluhan dalam urusan pribadi ataupun bukan. Sebagai penjual online, yang harus anda lakukan adalah mendengarkan keluhan atau curhatan mereka. Bagi anda mungkin tidak penting tapi bagi mereka itu sangat penting

  • Fast Respon

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Konsumen paling tidak suka ketika harus menunggu jawaban dari penjual. Maka dari itu usahakan ketika anda diposisi penjual online maka jangan sampai konsumen anda menunggu anda. Ketika konsumen anda baru pertama kali menghubungi anda, jawablah pesan tersebut secepat mungkin.

Terkadang konsumen akan menilai kesiapan anda ketika ia menghubungi anda pertama kali. Jika konsumen anda menghubungi anda kemudian anda slow respon maka konsumen anda akan berpikir bahwa anda adalah penjual yang slow respon dan tidak niat untuk berjualan online.

Akan tetapi jika anda menangani konsumen anda dengan fast respon maka konsumen anda akan berpikir bahwa anda adalah penjual yang serius dan bertanggung jawab. So, salah satu Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual adalah dengan cara fast respon.

  • Buatlah Kontent Yang Menambah Wawasan Mereka

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Kontent yang menarik dan bisa menambah wawasan konsumen anda adalah satu tips agar konsumen tertarik membeli produk anda. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? karena jika konsumen anda melihat tulisan-tulisan yang bermanfaat dari anda dan mereka merasa bahwa dengan kehadiran anda dan tulisan anda mereka menjadi orang yang lebih pintar dari sebelumnya, maka mereka akan menganggap bahwa anda adalah orang yang penting dalam kehidupan mereka.

Baca Juga : Profil Pengusaha Muda Sukses

Selain itu anda juga dianggap menjadi orang yang ahli di bidang itu. Jika konsumen sudah berpikir seperti itu maka yang ada dibenak konsumen anda adalah apapun yang anda tuliskan atau katakan ialah sesuatu yang penting. Jika suatu hari nanti anda berjualan produk mereka dapat menerima kehadiran produk anda dengan senang hati.

Apalagi jika kontent yang anda buat terus menerus anda update setiap hari dan dalam menuliskan kontent yang bermanfaat ditulis secara kontinu. Maka cepat atau lambat konsumen anda akan menjadi pembeli anda, pelanggan anda bahkan followers anda.

Maka dari itu setiap penjual online diharuskan dapat membuat kontent yang bermanfaat. Jika anda belum bisa membuat kontent maka belajarlah bagaimana cara membuat kontent yang menarik dan bisa menghipnotis pembaca.

  • Tampilkan Testimoni

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Jika anda berjualan online maka usahakan anda mempunyai testimoni dari konsumen-konsumen anda. Testimoni tersebut harus asli dan tidak bisa di palsukan, Jika memakai testimoni palsu maka takutnya dibelakang ada kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan.

Usahakan anda mendapatkan testimoni-testimoni dari tokoh-tokoh. Misalnya : Testimoni dari pengusaha, ketua organisasi ataupun ketua RT, RW, Kelurahan atau  Bupati. Semakin tinggi jabatan seseorang yang memberikan testimoni maka semakin kuat tingkat kepercayaan konsumen yang akan membeli produk anda.

Mungkin 1 dari sekian banyak orang termasuk anda, ketika berjualan online belum memiliki testimoni. Ketika anda membaca artikel ini mungkin anda berpikir bahwa anda tidak bisa menerapkan tips yang satu ini. Tak perlu kawatir penulisngapak.com akan memberikan tips mendapatkan testimoni.

Tips Mendapatkan Testimoni

  • Kasih Free Sample Kepada Tokoh yang ingin dimintai testimoni. Katakan jujur kepada mereka bahwa anda ingin memberikan produk gratis kepada mereka tetapi anda juga meminta testimoni dari mereka
  • Katakan kepada calon konsumen “Kami memang belum memiliki testimoni karna kami belum memintanya kepada konsumen. Namun repeat order dari konsumen kami, menunjukan bahwa produk kami berkualitas. Jika sekiranya nanti bapak atau ibu melakukan repeat order produk kami. bolehkan kami meminta testimoni dari bapak atau ibu”

Pentingnya kekuatan dari sebuah testimoni, maka penjual online diharapkan mempunyai testimoni. Calon konsumen biasanya ragu-ragu ketika akan order produk anda jika mereka belum melihat testimoni. Namun jika mereka sudah melihat banyak testimoni biasanya calon konsumen langsung berubah pikiran yang tadinya ragu membeli produk menjadi ingin membeli produk anda.

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Banyak sekali para penjual online ketika menjual produknya secara online, mereka cenderung kurang memperhatikan foto produk. Padahal ada sebagian calon konsumen ada yang berpikir bahwa “Ketika foto produk yang dijual bagus, jernih dan elegan” maka penjual tersebut mempunyai keseriusan yang lebih dalam berjualan dan bukan tidak mungkin penjual tersebut juga mempunyai kredibilitas.

Coba bayangkan apa saja yang dibutuhkan penjual online, jika penjual tersebut ingin mempunyai foto produk yang bagus, jernih dan elegan? Pastinya banyak sekali yang harus dipersiapkan, dan semua persiapan itu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Jadi jika calon konsumen berpikir bahwa penjual online yang memiliki foto produk bagus maka penjual tersebut serius dalam menjalankan bisnisnya dan pastinya calon konsumen akan lebih memilih membeli produk kepada penjual yang memiliki foto produk yang bagus.

Peralatan ini wajib dimiliki penjual, jika seorang penjual tersebut ingin memiliki kualitas foto produk yang jernih, bagus dan elegan.

tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan10
Kamera
tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan50
Lampu dan Backdrop
tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan51
lensa kamera
tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan57
Ruang Studio dan Acesoris
tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan59
model laki-laki dan perempuan

Semakin jernih, bagus, menarik dan elegannya sebuah foto produk maka mengundang minat konsumen untuk membeli produk anda. Tetapi sebaliknya jika semakin buruk foto produk maka minat calon konsumen untuk membeli produk akan berkurang. Saya akan memberikan sebuah contoh foto produk dan anda bisa menyimpulkan sendiri jawabannya :

Ketika melihat foto produk dibawah ini, produk manakah yang akan anda beli?

tips-dan-cara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan57
Gambar 1

atau

tips-dan-caara-berjualan-online-di-facebook-dengan-mudah-dan-menghasilkan57
Gambar 2

Jika saya pribadi lebih memilih membeli produk kepada penjual yang memiliki foto seperti gambar 2. Karna ia memiliki kualitas foto yang jernih dan elegan. Bagaimana pendapat anda?

  • Gunakan Bahasa Market Anda

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Seringkali saya melihat banyak melihat para penjual online yang menyamakan semua bahasa untuk semua market. Padahal seharusnya tidak seperti itu, penjual online harus bisa membedakan bahasa yang akan digunakan ketika menemukan market yang berbeda-beda. Sehingga banyak diantara calon konsumen yang tidak jadi beli dikarenakan penjual yang menggunakan bahasa kurang enak.

Contohnya : Pernahkah anda membeli produk secara online, jika iya? pasti anda pernah dipanggil sist atau gan oleh penjual online. Padahal tidak semua orang suka dipanggil sist atau gan. Bayangkan saja jika market anda adalah para ibu-ibu yang sudah memiliki anak. Jika anda berada diposisi konsumen pasti anda akan tidak nyaman jika dipanggil sist, dan anda akan nyaman jika dipanggil say atau bunda.

Contoh lain : Jika konsumen anda berasal dari daerah jawa barat maka jangan panggil mereka dengan sebutan bang atau mas. Karena di daerah jawa barat tidak biasa mendapat panggil bang atau mas. Bahasa yang cocok untuk konsumen yang berasal dari daerah jawa barat adalah “Kang” jika konsumen anda laki-laki dan “Teh” jika konsumen anda perempuan.

Begitu juga ketika konsumen anda di daerah jawa tengah, jangan pernah sekali-kali anda memanggil mereka dengan sebutan bang atau neng Karena telinga orang jawa tengah tidak biasa mendengar kata bang ataupun neng. Mereka lebih suka dipanggil mas atau mbak. Maka dari itu jika anda berposisi sebagai penjual maka anda harus bisa menggunakan bahasa market yang pas.

  • Permudah Transaksi

tips dan Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda

Tips terakhir untuk pembahasan mengenai 8 Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual adalah permudah transaksi konsumen anda. Sering saya jumpai penjual yang memperumit ketika konsumen ingin melakukan transaksi. Semisal contoh : Ketika anda mendapatkan orderan dari luar negeri. Pastinya anda akan mendapati masalah bagaimana cara konsumen yang berada diluar negeri mentransfer uang untuk membeli produk anda.

Sedangkan di luar negeri tidak ada bank yang cocok dengan bank yang berada di kota anda atau contoh lain ketika konsumen anda tidak memiliki rekening bank yang sama untuk transfer uang kepada anda. Ketika mendapati kasus tersebut banyak sekali penjual yang tidak mencari solusi terbaik untuk konsumen mereka. Padahal konsumen membutuhkan solusi terbaik.

Seharusnya anda sebagai penjual bisa mencari solusi terbaik untuk mereka. Misalnya anda membuka rekening baru atau anda bisa gunakan jasa pengiriman uang yang lain. Seperti anda tau jasa pengiriman uang di zaman sekarang sudah banyak sekali. Jadi tidak ada alasan lain lagi untuk anda tidak bisa mencari solusi terbaik untuk konsumen anda.

Saya akan berikan satu contoh lagi untuk anda mengenai bab ini. Ketika anda mendapatkan orderan dari seorang konsumen pernahkah anda menemui konsumen yang request untuk jasa pengiriman? misalkan konsumen anda lebih memilih menggunakan jasa pengiriman JNE ketimbang TIKI.

Jika anda menemukan konsumen seperti itu, maka turuti aja kemauan konsumen anda. Karna dengan seperti itu siapa tau konsumen anda akan loyal kepada anda atau puas dengan pelayanan anda. Bagaimanapun karakter konsumen anda, anda sebagai penjual harus bisa mempermudah transaksi mereka.

Cara Menarik Konsumen Online.

Ketika anda baru pertama kali jualan online awalnya memang susah untuk mengetahui trik cara menarik konsumen. Akan tetapi seiring berjalannya waktu anda akan menemukan sendiri bagaimana pola agar terus mendapatkan orderan. Lama-kelamaan ketika sudah menemukan polanya, maka anda tinggal menikmati hasil dari jualan online.

Video Cara Menarik Pelanggan Secara Efektif

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang Cara Menarik Konsumen, semoga dapat bermanfaat. Kami berharap dengan adanya internet produk anda makin banyak dikenal orang dan omset anda makin meningkat. Selain itu kami juga berharap semakin tinggi omset anda maka semakin banyak anda berbagi dan membantu sesama muslim.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Menarik Konsumen. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

2 thoughts on “8 Cara Menarik Konsumen Agar Mau Membeli Produk Apapun Yang Anda Jual

Comments are closed.