tips-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi-dalam-islam

Agar Bayi Tetap Nyaman Gunakan 10 Panduan Tips dan Cara Memotong Kuku Bayi Yang Baru Lahir

Cara Memotong Kuku Bayi – Kesehatan bayi haruslah dijaga, pastikan semua anggota tubuh bayi harus diperhatikan tidak terkecuali kuku bayi. Namun kuku bayi sering dianggap tidak penting padahal kuku bayi yang tajam bisa saja melukai bayi tersebut. Kali ini kami membagikan Tips cara memotong kuku bayi.

cara memotong kuku bayi

Kulit bayi yang tergolong sensitif masih sangat mungin untuk mengalami luka. Walaupun kuku bayi masih lunak namun tetap saja dapat membuat luka pada kulit bayi tersebut. Ketika hendak memotong kuku, para orang tua harus berhati-hati karena ditakutkan dalam proses memotong kuku terjadi hal-hal yang tidak di inginkan

Disaat hendak ingin memotong kuku bayi, carilah suasana yang nyaman dan santai. Agar si bayi tetap merasa aman dan nyaman dan anda sebagai orang tua juga santai dan lebih berhati-hati ketika sedang memotong kuku. Berikut Tips Suasana Saat Memotong kuku yang dapat anda jadikan refrensi.

Tips Suasana Memotong Kuku Bayi

  • Gunting Kuku Bayi Setelah Mandi

tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi

 

Menurut riset banyak orang kondisi kuku ketika bayi sehabis mandi dapat berubah menjadi lembut dan lunak. Disaat momen tersebutlah cocok sekali untuk memotong kuku bayi. Manfaatkan waktu sehabis mandi untuk memotong kuku bayi

  • Lakukan Pada saat tidur

tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah

Kondisi paling tenang untuk bayi adalah pada saat tidur. Disaat tidur biasanya bayi tidur dengan sangat pulas. Disaat itulah waktu yang tepat untuk anda untuk memotong kuku bayi. Biarkan terlebih dahulu bayi tidur selama 15-30 menit, barulah anda memotong dapat memotong kuku bayi.

  • Lakukan Pada saat menyusui

tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam

Pada saat bayi sedang menyusui disitulah bayi merasa nyaman dan santi serta lebih cenderung mudah diatur. Anda bisa gunakan waktu saat bayi untuk memotong kuku bayi. Jika anda tidak bisa melakukannya, lakukan pada saat bayi selesai menyusui.

Anda bisa gunakan ketiga waktu tersebut untuk memotong kuku bayi. Namun bukan berarti anda bisa santai begitu saja, dalam memotong kuku bayi anda tetap harus berhati-hati dalam kondisi apapun. Bisa saja pada saat kondisi tersebut bayi sedang aktif-aktifnya. 🙂

Memotong kuku bayi harus dilakukan secara rutin karna kuku bayi cepat mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan orang dewasa. Memotong kuku bayi dapat dilakukan seminggu 2 kali. Para orang tua harus selalu memperhatikan kuku si bayi.

Dalam memotong kuku bayi apabila kuku si bayi tidak terlalu panjang anda tidak perlu memotongnya namun anda hanya perlu mengikir hingga tidak ada kuku yang kasar.

Ketika memotong kuku bayi para orang tua harus memperhatikan segala sisi entah itu dari sisi kebersihan atau dari sisi kenyamanan si bayi. Gunakan tips-tips memotong kuku bayi berikut ini ketika anda hendak memotong kuku bayi.

Tips dan Cara Memotong Kuku Bayi

  • Anda harus santai

tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun

Terkadang dalam memotong kuku sering kali para orang tua panik. Jika anda panik maka bisa membuat si bayi juga ikut panik. Jika para orang tua melakukan kesalahan dalam proses memotong kuku misalnya melukai jari bayi tanpa sengaja yang menyebabkan jari bayi terluka itu adalah hal yang wajar.

Mungkin anda baru pertama kali memotong kuku bayi. Jika jari si bayi terluka, maka tekan luka secara pelan-pelan dengan tissue atau kain yang telah diberi antiseptik sampai darah tersebut berhenti mengalir. Untuk itu siapkan tissue atau kain yang bersih dan anti septik di dekat anda. Gunakan plester penutup luka bila diperlukan.

  • Cara memotong kuku Bayi

kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun

 

Perhatikan juga cara memotong kuku bayi. Potonglah kuku jari tangan mengikuti lekuk jari tangan si bayi. Pada jari kaki potong dengan lurus. Dalam memotong kuku jangan potong kuku bayi terlalu pendek namun sisakan kurang lebih 1 milimeter agar jari bayi tidak terluka.

Bersihkan juga kotoran yang terselip di kuku bayi apabila ada kotoran yang menempel. Alangkah baiknya lagi apabila kuku bayi di kikir menggunakan alat kikir khusus kuku bayi untuk menghilangkan bagian yang tajam dari kuku. Dalam mengkikir, kikirlah secara perlahan jangan terlalu keras karena dapat menyakiti jari si bayi

  • Penerangan ketika memotong kuku

lampu-merawat-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun

Ketika memotong kuku bayi, penerangan lampu yang digunakan usahakan cukup untuk menerangi saat pemotongan kuku. Jika dapat dilakukan, anda dapat memotong kuku bayi diwaktu siang hari. Namun jika dilakukan malam hari tidaklah mengapa.

  • Lakukan pada waktu yang tepat

jam-dinding-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun

Anda bisa lakukan pemotongan kuku bayi di waktu-waktu yang tepat misal diwaktu bayi sedang santai. Jika bayi anda masih aktif bergerak sebaiknya tidak melakukan pemotongan kuku. Untuk waktu yang tepat anda bisa baca kembali artikel yang sudah saya tulis diatas.

  • Gunakan pemotong kuku khusus

gunting-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun

Dalam memotong kuku bayi sebaiknya menggunakan gunting kuku khusus bayi. Pemotong kuku khusus bayi sudah didesain khusus dari mulai ukuran dan bentuknya agar dapat memotong kuku bayi yang masih imut.

Apabila bunda menggunakan gunting kuku khusus bayi, bunda dapat mencegah kuku bayi terluka pada saat memotong kuku si bayi. Alangkah baiknya lagi apabila bunda membersihkan terlebih dahulu alat yang akan digunakan untuk memotong kuku bayi menggunakan alkohol 70% agar lebih steril.

  • Cek kebersihan kuku

merawat-kuku-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi

Sebaiknya sebelum melakukan pemotongan kuku, cek terlebih dahulu apakah di kuku bayi terdapat kotoran. Jika ada kotoran yang menempel sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Bunda dapat menggunakan cotton bud kemudian membasahinya dengan air. Jadi bunda tidak perlu membersihkan kuku bayi lagi ketika sudah selesai memotong kuku bayi.

  • Potong secara rutin

merawat-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-agar-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi

Ketika bulan-bulan awal setelah bayi lahir, biasanya kuku bayi tumbuh dengan sangat cepat, terutama kuku yang berada di jari tangan. Maka dari itu potonglah kuku si bayi setidaknya 2 kali dalam satu minggu. Jangan lupa juga memotong kuku yang berada di jari kaki.

Dalam memotong kuku jari kaki para orang tua tidak perlu memotong kuku sesering yang dilakukan pada kuku jari tangan. Bunda dapat melakukan pemotongan kuku pada jari kaki kira-kira satu kali dalam satu minggu.

  • Sediakan tissue dan obat anti septik

merawat-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-atau-2-tahun-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi
ilustrasi

Jangan lupa juga sediakan tissue dan obat anti septik untuk berjaga-jaga apabila kuku si kecil terluka. Anda bisa membeli obat anti septik di toko-toko terdekat. Untuk menghindari luka pada saat memotong kuku bayi, bunda bisa menggunakan gunting kuku khusus bayi.

  • Lakukan secara perlahan.

merawat-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-1-tahun-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi

Dalam memotong kuku sebaiknya dilakukan secara perlahan agar membuat kondisi si bayi tetap nyaman. Dalam memotong kuku bayi memang dibutuhkan kesabaran jangan memotong kuku bayi secara cepat.

Alangkah baiknya kuku bayi dipotong satu per satu, biasanya para orang tua ketika melakukan pemotongan kuku langsung menjajarkan semua jari si bayi. hindari cara demikian karna dapat membuat anda tidak fokus ketika memegang tangan si bayi.

  • Haluskan Kuku Si Bayi

merawat-kuku-bayi-tips-dan-cara-aman-dan-mudah-serta-benar-dalam-memotong-kuku-bayi-baru-lahir-tidak-tajam-yang-mengikuti-sunnah-nabi

 

Ketika anda telah selesai melakukan pemotongan kuku pada bayi maka haluskan kuku bayi dengan cara di kikir. Dalam mengikir kuku bayi anda dapat menggunakan kikir khusus bayi. Jangan terlalu kencang dalam mengikir kuku bayi karna dapat menyakiti si bayi. Kikir kuku bayi hingga bagian kuku yang tajam menghilang

Demikianlah tips-tips cara memotong kuku bayi yang dapat anda lakukan sebelum atau sesudah memotong kuku bayi. Fokus dan berhati-hati sangat diperlukan ketika memotong kuku bayi. Lakukan pemotongan kuku bayi yang sudah kami jelaskan diatas.

Mitos Yang Beredar

Dalam hal memotong bayi juga terdapat mitos yang beredar di masyakarat. Banyak orang beranggapan bahwa tidak boleh memotong kuku bayi sebelum usia si bayi 40 hari. Mungkin anda juga sering mendengar mitos tersebut namun mitos yang beredar di masyarakat tidaklah benar.

Mitos mengenai larangan memotong kuku sebelum usia bayi 40 hari sebenarnya didasarkan para kekhawatiran jika nantinya ketika memotong kuku bayi terdapat kesalahan. Bagaimanapun juga ketika bayi baru lahir maka kulit akan mudah terluka begitupun dengan kuku bayi.

Kuku bayi saat sudah lahir ke dunia ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Jadi bagaimana mungkin anda sebagai orang tua membiarkan kuku yang ada di jari tangan bayi tumbuh begitu saja. Padahal kuku bayi yang panjang dapat melukai kulit bayi itu sendiri.

Misalkan si bayi memakai sarung tangan, kuku yang dibiarkan begitu saja juga berisiko menjadi sarang kuman untuk berkembang biak. Maka dari itu memotong kuku bayi sangat dianjurkan ketika kuku bayi sudah panjang.

Jadi mitos tentang dilarang memotong kuku sebelum usia 40 hari tidaklah benar. Jika anda kawatir kuku bayi terluka anda dapat menggunakn tips dan cara memotong kuku bayi yang sudah kami bagikan diatas.

Akhir Kata

Demikianlah tips dan Cara Memotong Kuku Bayi. Semoga dapat bermanfaat. Kami juga mendoakan agar kita bisa menjadi seorang penghafal dan senantiasa mempelajari dan membagikan ilmu yang kita miliki.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Memotong Kuku Bayi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”