tips-dan-cara-membersihkan-merawat-alat-kelamin-pada-bayi-laki-laki-dan-perempuan

Bunda Wajib Baca.!!! Bagaimana Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Perempuan

cara membersihkan kemaluan bayi perempuan – Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika orang tua ingin memiliki anak. Persiapan yang harus dimiliki antara lain adalah mental dan ilmu, terutama ilmu merawat bayi. Dalam merawat bayi ada banyak sekali ilmu yang harus dipelajari antara lain cara membersihkan kemaluan bayi perempuan.

tips-dan-cara-membersihkan-merawat-alat-kelamin-pada-bayi-laki-laki-dan-perempuan

 

Diharapkan para orang tua sudah mempersiapkan segala hal yang harus dipersiapkan menjelang persalinan. sebaiknya persiapan tersebut sudah dilakukan sejak 1-2 bulan sebelum perkiraan lahirnya si bayi. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan para orang tua adalah

  • Persiapan Mental

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Sebelum memiliki bayi hal yang harus dipersiapkan adalah mental menjadi orang tua yang baik dan bisa menjadi contoh buat putra putrinya. Salah satu cara belajar menjadi orang tua yang baik adalah dengan cara memahami sikap menjadi orang tua berdasar agama yang dibuat.

Salah satu contohnya adalah mengadzankan si bayi setelah lahir. Ketika sudah memiliki bayi para orang tua akan diuji kesabaran dan mentalnya yang tadinya belum diharuskan mendidik anak berubah menjadi harus mendidik anak agar menjadi anak yang soleh dan soleha.

  • Persiapan Semua Perlengkapan

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Ketika mempersiapkan perlengkapan si bayi jangan menunggu bayi lahir kemudian baru membeli semua keperluan yang dibutuhkan bayi. Ketika si bayi sudah lahir terkadang para orang tua tidak memiliki waktu yang banya seperti yang dibayangkan.

Perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan antara lain pakaian, popok bayi, selimut bayi, sarung tangan bayi, kaos kaki dan tempat tidur serta perlengkapan mandi dan keperluan bayi yang lainnya.

  • Persiapan Nama Si Bayi

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Ketika bayi sudah lahir kewajiban para orang tua adalah memberi nama si bayi. Persiapan nama sebaiknya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak terburu dan asal-asalan dalam memilihkan nama. Ketika memberi nama si bayi usahakan nama tersebut mempunyai makna yang baik dan bisa menjadi doa buat si anak. Agar kelak si anak dapat menjadi seseorang yang sesuai dengan harapan orang tuanya.

  • Persiapan Info Mengenai ASI

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Sebelum menjelang hari HPL sebaiknya para calon-calon ibu sudah mempersiapkan ilmu mengenai bagaimana cara pemberian ASI kepada si bayi, Paham mengenai bagaimana step inisiasi dini, bagaimana jika ASI tidak lancar, bagaimana cara memompa air. Pengetahuan ilmu tersebut bisa anda cari di buku, majalah, internet atau anda bisa konsultasi langsung pada dokter anak

  • Mengetahui Bagaimana Cara Merawat Bayi.

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Pengetahuan tentang merawat bayi harus sudah dimiliki para orang tua terutama ibu bagaimana tata cara merawat bayi. Contohnya bagaimana cara menggedong bayi, bagaimana cara memakaikan popok atau bagaimana cara memotong kuku bayi jika kuku panjang dan ilmu lainnya.

  • Mengetahui Kesehatan Si Bayi

tips cara membersihkan merawat alat kelamin pada bayi laki-laki dan perempuan

Anak yang baru lahir sangat rentan sekali terhadap semua jenis bakteri dan kuman. Maka dari itu semua orang tua wajib mengetahui apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada bayi. Carilah ilmu sebanyak-banyak mengenai hal ini.

  • Mengetahui Daftar Dokter Anak

Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Perempuan

Ketika hendak memilih dokter anak, para orang tua harus mencari refrensi yang banyak mengenai dokter anak yang membuka praktek. Dalam memilih dokter anak usahakan cari dokter anak yang memang ahli dalam bidangnya. Untuk memudahkank anda dalam mencari dokter anak yang ahli anda dapat mencari infromasi kepada keluarga dekat, kerabat ataupun teman. Cari informasi dokter mana yang biasanya mereka pilih dan apa kelebihan dan kekurangan dokter tersebut.

Semua hal tersebut harus dipersiapkan sebelum pasca kelahiran si bayi. Tulisan diatas bisa anda jadikan refrensi. Ilmu lain yang tidak kalah penting adalah ilmu bagaimana cara membersihkan kemaluan bayi perempuan. Ilmu ini penting untuk diketahui oleh para orang tua.

Alat kelamin bayi perempuan mudah terkena infesi jika tidak hati-hati. Maka dari itu setiap kali si bayi habis buang air kecil atau besar, daerah kelaminnya harus dibersihkan secara bersih. Dikarenakan posisi alat kelamin perempuan yang dekat dengan anus. Bukan tidak mungkin jika kuman dan bakteri pada dubur berpindah ke alat kelamin.

Ketika hendak ingin membersihkan alat kelamin bayi perempuan peralatan yang harus dipersiapkan antara lain :

– Kapas
– Air Hangat
– Tisu
– Kain atau handuk lembut

Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Perempuan

  • Ambil kapas bersih kemudian basahi dengan air hangat. Lalu usapkan di daerah sekitar alat kelaminnya dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya.
  • Ambil kapas bersih satu lagi yang telah dibasahi air hangat kemudian pegang kedua kaki si Bayi. Lalu angat dan bersihkan area disekitar vagina dan anus. Biasakan selalu mulai dari bagian depan lalu kearah belakang, tujuannya agar bakteri yang ada disekitar anus tidak ikut berpindah ke vagina. Bersihkan hanya di daerah sekitar vagina saja jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.
  • Kemudian keringkan menggunakan tisu lembut yang tidak mudah robek. jika menggunakan kain bersih juga tidak mengapa.
  • Lalu tisu lembut yang kering digunakan untuk membersihkan daerah pantat, paha dan panggul si bayi.
  • Terakhir biarkan si bayi tanpa popok beberapa saat agar bagian bawah tubuh si bayi terkena udara. Setelah itu si bayi siap dipakaikan popok yang bersih.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Perempuan. Semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Perempuan. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”