Tips cara membersihkan Hidung Bayi yang Aman

6 Cara Membersihkan Hidung Bayi Yang Aman

Cara Membersihkan Hidung Bayi – Dalam merawat bayi ada banyak sekali perawatan, mulai dari cara merawat kulit, memotong kuku, sampai membersihkan alat kelamin bayi. Ada banyak sekali artikel seputar merawat bayi yang sudah kami tulis di web ini, anda bisa membacanya satu per satu.

Tips cara membersihkan Hidung Bayi yang Aman

Diartikel ini kami ingin membahas tentang bagaimana Cara Membersihkan Hidung Bayi. Dalam merawat bayi para orang tua harus melakukannya dengan benar dan tepat sehingga mendukung tumbuh kembang si bayi dengan lancar dan sehat. Hal tersebut harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Dalam merawat bayi yang baru lahir itu gampang-gampang susah dikarenakan harus dilakukan dengan hati-hati. Tubuh bayi juga gampang sekali kotor sehingga para orang tua harus selalu membersihkan dan melakukan perawatan terutama bagian hidung. Hidung merupakan bagian tubuh bayi yang mudah menyimpan kotoran.

Bayi yang baru lahir sering kali mengalami kesulitan bernafas karena kondisi hidungnya yang terkadang mengeluarkan lendir dalam hidung. Ketika ada lendir dalam hidung sang bayi tentu akan membuatnya kesulitan bernafas dan bunda harus memiliki ilmu tips Cara Membersihkan Hidung Bayi.

Berikut Cara Membersihkan Hidung Bayi.

  • Bunda dapat merawat hidung bayi menggunakan cotton bud yang sudah diberi dengan air hangat. kemudian bunda dapat memasukan ke lubang hidungbayi pada bagian luar saja. Ingat ya bunda jangan memasukan cotton budnya terlalu dalam.
  • Bunda bisa membersihkan hidung bayi dengan cara menggerakannya memutar dari arah kiri ke kanan dengan secara perlahan dan hati-hati.
  • Apabila bunda mendapati kotoran hidung yang sudah mendekati lubang hidung bagian luar, bunda dapat menggunakan pinset / cotton bud untuk mengambil kotoran tersebut.
  • Jangan sekali-kali menggunakan kain yang tidak halus untuk mengeluarkan kotoran yang berada di dalam hidung. Apalagi menggunakan jari, karena hal tersebut dapat melukai hidung bayi
  • Bersihkan secara perlahan dan jangan terlalu keras dikarenakan bagian dalam hidung bayi masih sangat lembut dan sensitif.
  • Ketika bunda hendak menghisap hidung bayi lakukan satu lubang, satu lubang. Jangan pernah menghisap lubang hidung bayi secara bersama-sama karena hal itu dapat mengakibatkan lendir yang ada didalam hidung bayi akan naik ke telinga bagian tengah dapat menimbulkan infeksi.

Dalam membersihkan hidung bayi ada hal yang harus diperhatikan, antara lain saat :

  • Menghisap Hidung

Tips cara membersihkan Hidung Bayi yang Aman

Menghisap hidung secara tradisional dari beberapa orangtua dilakukan dengan cara menyedot kotoran yang ada di hidung bayi dengan menggunakan mulut. Para dokter tidak semua mempunyai pendapat yang sama dengan hal tersebut. ada yang kontra dan ada juga yang pro. Apabila para orangtua ingin melakukannya diharapkan tidak sedang mengalami sakit karena khawatir penyakit tersebut akan menular ke bayi. Cara menghisap hidung dapat dilakukan dengan cara menutup sebelah lubang hidung dengan jari kemudian isap hidung sebelahnya. Para orangtua dapat melakukannya secara bergantian. Jangan pernah menghisap kedua lubang sekaligus karena dapat membahayakan si bayi.

  • Kapas bertangkai

Tips cara membersihkan Hidung Bayi yang Aman

Membersihkan hidung menggunakan kapas bertangkai bisa dilakukan jika kapas tersebut dibasahi. Cara ini sebenarnya juga tidak semua ahli sependapat. Jika orang tua ingin melakukannya, pastikan terlebih dahulu kotoran sudah terlihat di tepi cuping hidung. Jangan pernah coba-coba membersihkan atau mengorek kotoran yang masih berada di dalam hidung, karena hal tersebut dapat mendorong kotoran semakin ke dalam. Tetapi jika kotoran sudah terlihat anda dapat membasahi kapas bertangkai dengan air hangat, angkat kotoran dengan cara yang halus dan lembut.

  • Bawa ke dokter anak

cara membersihkan Hidung Bayi

Jika si bayi mengalami flu berat dimana hidungnya selalu mengeluarkan lendir, tidak ada cara lain kecuali membawa si bayi ke dokter. Ketika mengunjungi dokter sembuhkan dulu penyakitnya kemudian baru membersihkan kotoran yang ada di hidungnya biasanya dokter akan menggunakan alat berupa aspirator hidung bayi untuk membersihkan kotoran hidung bayi.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai Cara Membersihkan Hidung Bayi. Semoga dapat bermanfaat buat bunda yang memiliki bayi.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Membersihkan Hidung Bayi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

2 pemikiran pada “6 Cara Membersihkan Hidung Bayi Yang Aman

Komentar ditutup.