Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah.jpg

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah

Cara Cepat Menghafal Al Quran – Dalam proses menghafal Al Quran ada kalanya seseorang cepat dalam menghafal dan adakalanya lambat. Namun hal tersebut wajar apalagi ketika seorang anak kecil sedang menghafal Al Quran. Namun yang harus diketahui oleh orang yang mau menghafal Al Quran yaitu Al Quran mudah untuk dihafalkan.

Di artikel kali ini insya Alloh kami akan membahas mengenai bagaimana cara menghafal Al Quran bagi anak-anak maupun orang dewasa. Semua orang tentu ingin bisa menghafal Al Quran terlebih lagi jika mempunyai anak bahkan keluarga yang dapat menghafal 30 juz dalam Al Quran. Namun sebelum memulai menghafal yang perlu anda tau:

Niat Menghafal Al Quran

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
pelajarislam.com

Dalam menghafal Al Quran setiap orang harus mempunyai niat yang lurus dan ikhlas. Niat yang lurus akan memudahkan kita dalam menghafal Al Quran dan niat yang salah akan menyebabkan kita sulit dalam menghafal Al Quran.

Al Quran itu suci jadi ketika sedang mempelajarinya maka niat dan prosesnya harus benar dan lurus. Jika dalam proses menghafal al quran niatnya sudah melenceng maka luruskanlah kembali niat dalam menghafal. Sebelum menghafal Al Quran sebaiknya anda mengikuti Tips berikut ini:

Perbanyak Istigfar

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
fotodakwah.com

Percaya atau tidak ketika kita sedang menghafal Al Quran tetapi diri kita masih banyak polusi-polusi dalam hal ini adalah dosa. Dosa itulah yang akan menghambat kita dalam menghafal. Terlebih lagi jika kita pernah melakukan dosa-dosa besar. Intropeksi diri jika kita pernah melakukan dosa besar.

Apabila kita pernah melakukan dosa besar maka minta ampunlah kepada Allah Ta’ala dengan cara beristigfar. Lakukan istigfar setiap hari dan sehabis selesai solat dan lakukan secara terus menerus guna mensucikan jiwa agar tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Menghafal Al Quran Dengan Jari

Perbanyak Doa

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
banjarmasin.tribunnews.com/

Berdoalah sebanyak-banyaknya kepada Allah Ta’ala agar kita dimudahkan dalam menghafal Al Qur’an. Karena Al Quran adalah kitab Allah jadi yang dapat menyulitkan dan memudahkan kita dalam menghafal Al Quran hanya Allah Ta’ala. Maka sangat dianjurkan sekali bagi kita para pemula untuk memperbanyak doa ketika dalam menghafal Al Quran.

Apabila anda mempunyai keinginan untuk cepat menghafal Al Quran anda dapat mempraktekan tips yang sudah kami jelaskan. Waktu yang paling direkomendasikan ketika ingin menghafal Al Quran adalah pada saat kita masih kecil. Pada saat itulah waktu-waktu emas untuk kita menghafal Al Quran

Ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang penghafal Al Quran maka para orangtua berusaha keras memasukan anaknya ke pondok pesantren tahfidz. Para pengajar dan pendidik tahfidz Quran pun sering mengatakan bahwa didiklah anakmu sedari kecil menghafal Al Quran jika kau menginginkan anakmu menjadi seorang tahfidz quran dimasa yang akan datang.

Diartikel kami yang lain sudah membahas bagaimana cara mempunyai anak penghafal Al Quran. Namun diartikel ini kami tidak membahas itu melainkan bagaimana cara cepat menghafal Al Quran untuk anak. Apa saja yang mendorong anak untuk cepat menghafal Al Quran

Pola Makan

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah

Jika anda menginginkan anak anda cepat dalam menghafal Al Quran maka berikanlah asupan makanan bergizi untuk si anak. Kismis dan susu merupakan makanan yang dapat menambah daya ingat otak dalam menghafal Al Quran. Selain itu Madu juga termasuk ke dalam golongan makanan yang dapat mempercepat anak dalam proses menghafal Al Quran

Teknik Menghafal

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah

Apabila anak anda ingin cepat menghafal Al Quran maka kami sarankan untuk para pengajar menggunakan teknik Tallaqi dalam proses menghafal pada anak. Menurut guru-guru kami teknik ini termasuk ampuh dalam mempercepat si anak menghafal Al Quran.

Kasih Sayang Orang Tua

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
hipwee

Jika anda mempercayakan pesantren untuk mengajarkan Al Quran kepada anak anda tidak mengapa. Namun anda harus tetap menjalin komunikasi secara intens dengan anak anda. Jangan biarkan anak anda merasa sendirian dan tidak diperhatikan oleh anda sebagai orang tua. Telfon atau jengkulah anak anda seminggu sekali ketika mereka sedang belajar di pesantren. Kasih sayang orang tua tetaplah penting bagi anak anda.

Serba-serbi anak dalam menghafal Al Quran sangatlah banyak. Seringkali mereka lebih suka bermain ketimbang menghafal Al Quran. Namun itulah kodrat anak-anak jadi dalam mendidik anak untuk menghafal Al Quran haruslah ekstra sabar. Adapun kelebihan dan kekurangan anak ketika menghafal Al Quran akan kami jelaskan berikut ini

Kelebihan :

  • Ketika mereka sudah hafal Al Quran maka hafalannya tidak akan mudah hilang
  • Kecintaan terhadap Al Quran sangatlah tinggi ketika mereka sudah besar
  • Akhlak dan Adab akan lebih terjaga
  • Lebih berbakti kepada orang tua

Kekurangan :

  • Harus sabar dalam menghadapinya
  • Mudah Bosan

Ketika mendidik anak untuk menjadi penghafal Al Quran memanglah gampang-gampang susah. Namun jika mereka sudah menjadi penghafal Al Quran maka kita sebagai orang tua tentu akan bangga. Dalam mempelajari Al Quran pun kita tidak mengenal usia, jika anda baru belajar menghafal ketika usia dewasa tidaklah mengapa.

Menghafal Quran di usia dewasa memang tidak sesulit ketika masih kecil. Namun bukan berarti hafalan akan mudah masuk, ada sebagian orang yang juga merasa kesulitan ketika menghafal Al Quran. Kami akan memberikan sedikit tips bagi anda ketika ingin menghafal Al Quran di usia dewasa.

Cara Cepat Hafal Al Quran di Usia Dewasa

  • Niat Yang Ikhlas

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
pelajarislam.com

Sebelum memulai menghafal Al Quran niat kita dalam menghafal haruslah lurus dan ikhlas. Ketika kita menghafal Al Quran niat bukan karena Allah Ta’ala maka yang akan kita dapat hanyalah lelah. Niat ikhlas akan membantu kita dalam menghafal Al Quran dikala sedang bosan.

  • Banyakin Istigfar

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah
http://islamizona.blogspot.co.id

Semakin bertambah usia maka tentu dosa kita akan bertambah juga. Maka dari itu ketika hendak menghafal Al Quran di usia dewasa sangat disarankan sekali untuk banyak-banyak beristigfar. Karena mengingat dosa-dosa kita yang sudah banyak.

  • Memperbaiki Bacaan

Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah.jpg

Ketika usia kita sudah dewasa dan hendak ingin memulai menghafal Al Quran maka kita harus memperbaiki bacaan Al Quran juga. Dimasa kecil mungkin kita banyak sekali membaca Al Quran salah-salah misalnya panjang pendeknya atau tajwidnya yang salah.

Salah satu cara cepat menghafal Al Quran untuk orang dewasa yaitu dengan memperbaiki bacaan. Percaya atau tidak percaya ketika bacaan Al Quran kita sudah benar maka dalam menghafal Al Quran akan jauh lebih mudah dan cepat ketimbang orang yang masih salah dalam membaca Al Quran

  • Sering Mengulang-ulang bacaan

Cara Cepat Menghafal Al Quran

Salah satu kelebihan menghafal Al Quran di waktu sudah dewasa ialah cepat dalam menghafal Al Quran. Namun salah satu kekurangannya yakni cepat lupa juga maka bagi orang dewasa murojaah sangatlah penting untuk dilakukan.

Serba-serbi dalam menghafal Al Quran memanglah sangatlah banyak. Ada orang-orang yang diberi kemampuan menghafal Al Quran dengan mudah mudah dan cepat ada juga yang lambat. Namun semua orang pada dasarnya bisa menghafal Al Quran karena Al Quran sudah didesain untuk mudah dihafalkan.

Bagi para penghafal Al Quran bisa menghafal Al Quran 30 Juz adalah suatu tujuan. Namun ada sebagian lagi yang mempunyai target bisa cepat hafal Al Quran 30 Juz beserta artinya. Tujuan tersebut boleh-boleh saja akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah

Menghafal Tidak Untuk Buru-Buru

Dalam menghafal Al Quran anda tidak perlu terburu-buru. Ada satu kekurangan jika anda menghafal Al Quran secara terburu-buru yaitu hafalan anda dapat dengan mudah lupa begitu saja. Apabila hafalan yang sudah anda hafal cepat hilang maka akan terasa sia-sia karena anda terlalu cepat menambah hafalan.

Menghafal Tidak Untuk Khatam

Banyak sekali para penghafal Al Quran yang sudah hafal 30 Juz akan tetapi ia jarang untuk mengulang-ulang hafalannya. Hal tersebut dikarenakan mindset yang salah, menghafal Al Quran bukanlah untuk khatam 30 juz akan tetapi menghafal Al Quran agar hidup kita setia bersama Al Quran.

Setelah Hafal Kemudian Amalkan

Hal terpenting yang harus diketahui para penghafal Al Quran adalah mengamalkan apa yang sudah dipelajarinya. Untuk apa kita sudah hafal Al Quran akan tetapi kita tidak mengamalkan apa yang sudah kita pelajari. Hakekat menghafal Al Quran yaitu mengamalkan dan mengajarkan kepada orang lain.

Ketika dalam proses menghafal Al Quran jangan lupa untuk menghafal artinya juga. Tak lengkap rasanya jika anda mempelajari cara menghafal Al-Quran tetapi tak mempelajari cara cepat menghafal Al Quran beserta artinya. Cara untuk cepat menghafal Al Quran dan artinya tak jauh beda dengan menghafal Al Quran biasa. Hanya saja kami ingin menekankan bahwa jika ingin menghafal Al Quran dan artinya dengan mudah kita harus memperbaiki bacaan dan terus mengulang-ngulangnya saja.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat. Kami juga mendoakan agar kita bisa menjadi seorang penghafal dan senantiasa mempelajari dan membagikan ilmu yang kita miliki.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Cara Cepat Menghafal Al Quran 30 Juz Dan Artinya Dengan Mudah. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

 

Tinggalkan komentar