andai aku tak belajar ilmu agama

Andai Aku Tak Belajar Ilmu Agama

Ilmu Agama itu penting bagi kehidupan seseorang, jika ia tak mempelajari ilmu agama islam maka hidupnya akan berantakan. Tema kali ini akan membahas Andai aku tak belajar ilmu agama. Alasannya sederhana, karna saya dulu kurang belajar memahami ilmu agama

Anda Aku TaK Belajar Ilmu Agama

Andai Aku Tak Belajar Ilmu Agama

Sebelum seseorang mempelajari ilmu dunia seharusnya ia mempelajari ilmu agama (islam) terlebih dahulu. Karna ilmu agama islam itu lengkap sekali, mulai dari lahir sampai meninggal dan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Tak bisa dipungkiri dahulu saya kurang belajar dalam mempelajari ilmu agama.

Andai Aku Tak Belajar Ilmu Agama

Akibat kurang belajar ilmu agama

Dalam dunia ini ada sebab dan akibat, sama halnya dengan saya ketika saya dahulu kurang mempelajar ilmu agama. Karna kurangnya belajar ilmu agama, saya jadi terlalu bernafsu dalam mengejar dunia. Waktu itu mungkin dapat dibilang tidak memperhatikan halal dan haramnya.

Andai aku tak belajar ilmu agama

Terlalu Bernafsu Dalam Berbisnis

Dalam berbisnis dulu, ketika saya sedang mengalami profit puluhan juta, saya bernafsu untuk memiliki sebuah rumah dan motor pada waktu itu. Untuk menuju sana saya berencana menjalankan bisnis MLM. Sebelum menjalankan bisnis MLM saya minta ijin terlebih dahulu kepada orang tua.

andai aku tak belajar ilmu agama

Ketika Meminta Ijin

Waktu itu saya berbincang-bincang dengan orang tua saya. Kami pun melakukan diskusi seperti ini :

Saya : “Bu, saya ingin menjalankan bisnis, kalo hasilnya sih lumayan gede tapi ga berkah”

Orang Tua : “Mending cari bisnis yang berkah-berkah aja, walaupun hasil kecil”

Orang tua saya sebenernya sudah memperingatkan saya untuk tidak menjalankan bisnis itu dan sebenernya saya pun juga sudah sedikit tau tentang hukum bisnis MLM. Namun rasanya sepertinya hati kecil dan pikiran saya tertutup. Setelah itu pada akhirnya saya join di bisnis MLM.

andai aku tak belajar agama

Setelah menjalankan Bisnis MLM

Ketika saya menjalankan bisnis MLM hati saya awalnya merasa was-was dan selalu menjadi pikiran. Ibadah pun jadi tidak fokus, namun lama-kelamaan hati ini sudah tidak merasakan was-was karna sudah merasakan hasil dari menjalankan bisnis MLM.

Hasil Yang Lumayan

Selama menjalankan bisnis MLM saya pun mendapatkan hasil yang dibilang yaa lumayan. Jika ada yang bertanya berapa hasilnya? kalo dalam sebulan saya bisa mendapatkan 5-10 juta karna waktu itu memang penghasilan saya terbilang lagi kenceng-kencengnya.

Penghasilan Yang Tidak Berkah

Namun semakin saya memiliki penghasilan besar lantas tidak membuat saya semakin mendekatkan diri pada Allah Ta’ala tetapi malah sebaliknya, saya semakin jauh dari perintah dan kewajiban Allah Ta’ala. Pada waktu itu saya langsung mengoreksi diri saya, karna pasti ada yang salah pada diri saya.

andai aku tak belajar ilmu agama

Bagaimana hukum bisnis MLM?

Andai Aku Tak Belajar Agama
www.business-opportunities.biz

Karna dari awal saya sudah merasa bahwa bisnis MLM itu tidak baik dan ilmu saya dalam mempelajari bisnis MLM masih sedikit. Maka saya memutuskan untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang ilmu bisnis MLM dan bertanya kepada beberapa ustadz dimana saya biasanya saya menuntut ilmu.

  • Apa Kata Guru 1 :

Setiap malam minggu saya biasanya menghadiri sebuah kajian dekat rumah saya. Selama pengajian berlangsung saya mendengarkan isi ceramah dengan seksama. Setelah ceramah selesai, kemudian saya bertanya kepada ustadz “Assalamualaikum tadz, mau tanya menurut ustaz hukum bisnis MLM itu seperti apa?

Ustadz tersebut menjawab “Walaikumsalam, MLM itu kan sistemnya piramid yahh, beda dengan bisnis konvensional, lebih baik sih di tinggalkan saja”

Waktu itu saya tidak bertanya lagi dan langsung membalasnya dengan “Ohh begitu, terimakasih ustadz”

  • Apa kata Guru 2 :

Tidak puas dengan jawaban dari salah satu guru saya mencoba bertanya ke guru yang lain. Untuk mendapatkan jawaban yang falid maka kita harus bertanya ke banyak orang, karna jika bertanya hanya kepada 1 orang saja maka jawaban yang didapat tidak falid.

Kemudian saya bertanya lagi kepada ustadz yang berbeda “Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya hukumnya bisnis MLM itu bagaimana menurut ustadz”

Ustadz itu menjawab “Jika menurut saya hukum bisnis MLM itu harom, karna bisnis itu termasuk bisnis yang menipu”

Ketika saya mendengar hal tersebut saya langsung pamit namun sebelumnya saya mengucapkan terimakasih dan mengucapkan salam kepada ustadz tersebut atas ilmu yang sudah ia berikan kepada saya. Karna belum puas akhirnya saya membeli buku “Harta haram Muamalat kontemporer” karya Dr.Erwandi Tarmizi.

Pada Akhirnya

Dan pada akhirnya saya dapat menyimpulkan sendiri bahwa bisnis MLM itu sebaiknya di tinggalkan karna termasuk bisnis yang tidak baik di jalankan dan masih banyak jalan yang Allah Ta’ala berikan kepada umat islam untuk mencari rezeki. Andai Aku Tak Belajar Ilmu Agama, Andai Aku Tak Belajar Ilmu Agama