100 Tips Sederhana Cara Membahagiakan Istri Yang Jarang Diketahui

Last modified date

Cara Membahagiakan Istri – Dalam sebuah rumah tangga semua orang tentu menginginkan sebuah keluarga sakinnah, mawaddah dan warahmah. Untuk mencapai ke tahap tersebut suami istri harus bisa menjalankan perannya masing-masing. Selain itu Suami juga harus tau Cara Membahagiakan Istri dan begitu sebaliknya.

Banyak orang yang bertanya gimana caranya untuk bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah. Sebelum menuju kesana anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu Sakinah, Mawaddah Dan Warahmah. Agar nanti kedepannya anda bisa mewujudkan keluarga seperti itu.

Sakinah

Kata Sakinah itu sendiri dalam bahasa Arab mempunyai artinya tenang, penuh kedamaian, tentram dan aman. Makna Kata sakinah dalam sebuah pernikahan diartikan sebagai sepasang suami istri harus bisa membuat pasangannya tersebut merasa tenang, tentram, damai dan nyaman dalam menjalani kehidupan.

Apalagi sebuah keluarga bisa sakinah maka hubungan keluarga tersebut bisa langgeng. Agar sebuah rumah tangga bisa langgeng maka dibutuhkan iman dan ikatan hati yang kuat berupa kesetiaan.

Yang dimaksud kesetiaan disini adalah selalu siap menerima setiap saat dan apa adanya, meski rupa yang tidak terlalu cantik/ganteng, pangkat yang tidak dan harta yang sedikit.

Jika sebuah keluarga sudah bisa berjalan dengan baik dan dalam keluarga tersebut terasa damai, tenang dan nyaman maka insya Alloh hubungan itu akan sakinah. tapi jika belum terasa damai, tenang dan nyaman bisa dikatakan belum sakinah

Untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, sebuah keluarga tersebut harus memiliki 5 pilar utama yaitu :

  1. Memiliki kencenderungan terhadap ilmu agama
  2. saling menyayangi dan menghormati
  3. hidup sederhana
  4. Berlaku santun dalam bergaul
  5. Selalu mengintropeksi diri

Mawaddah

Dalam bahasa indonesia mawaddah memiliki arti cinta atau harapan. Dalam menjalani sebuah pernikahan cinta adalah modal utama yang harus ada. Ketika sebuah hubungan sudah berjalan dan mendapatkan rasa damai dan nyaman, maka saat itu juga cinta yang sudah ada akan bertumbuh menjadi cinta yang besar dan semakin kuat. Dengan adanya cinta itu akan bermanfaat dalam kehidupan kedua pasangan.

Jika dalam sebuah hubungan tak ada rasa cinta misal istri tidak mempunyai rasa cinta pada suami atau suami tidak memiliki rasa cinta pada istri, maka untuk mewujudkan sebuah keluarga yang mawaddah adalah hal yang sangat sulit.

Wa rahmah

Arti kata wa rahmah tidaklah jauh dari kata sakinah dan mawaddah karena ketiga kata ini memiliki sebuah hubungan yang saling berkaitan. Wa rahmah dapat diartikan dan kasih sayang.

Dalam menjalin hubungan antar pasangan, rasa kasih sayang merupakan elemen yang harus ada dalam sebuah hubungan. Dengan adanya kasih sayang maka keluarga tersebut dapat menjadi lebih harmonis dan memperoleh sebuah kebahagiaan yang akan menjadi benteng yang bisa memperkuat hubungan agar setiap kali ada rintangan atau masalah yang datang.

Ketika sebuah keluarga ingin membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan wa rahmah maka diperlukan proses yang panjang dan sebuah pengorbanan yang besar diantaranya :

  • Ketika menikah maka niatkan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan untunk menghindari berhubungan yang dilarang Alla Ta’ala
  • Carilah pasangan dari keluarga yang terjaga kehormatan dan nasabnya.
  •  Carilah pasangan yang mengutamakan keimanan dan ketaqwaannya daripada kecantikan, kekayaan atau kedudukannya.
  • Carilah pasangan yang soleh atau soleha yang taat dalam menjalankan perintah Allah Ta’ala dan Sunnah Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam
  • Suami menjalankan perannya menjadi suami dengan dorongan iman, cinta dan ibadah. Misalnya memberi nafkah, memberi rasa aman kepada istri, memberikan pendidikan islami kepada anak dan istrinya, memberikan sandang pandan dan papan dari harta yang halal dan menjadi pemimpin keluarga yang mampu mengajak anggota keluarganya menuju ridha Alla Ta’ala dan surganya serta dapat menyelamatkan anggota keluarganya dari siksa api neraka.
  • Istri menjalankan perannya menjadi istri dengan dorongan iman dan berharap ridha Allah Ta’ala semata. Seperti halnya melayani suami, mendidik anak-anaknya tentang agama islam dan ilmu pengetahuan, mendidik anak-anaknya dengan akhlak yang mulia dan menjaga kehormatan keluarga serta memelihara harta suami dan membahagiakan suaminya.
  • Suami dan istri harus saling mengenali kekurangan dan kelebihan pasangannya, saling menghargai satu sama lain, merasa saling membutuhkan dan melengkapi, saling menghomarti, mencintai saling mempercayai kesetiaan masing-masing dan saling terbuka dengan merajut komunikasi secara intents.
  • Saling berkomitmen menempuh perjalanan rumah tangga untuk selalu bersama dalam menjalani kehidupan.
  • Ketika menghadapi musibah dan kesusahan selalu mengadakan musyawarah dan ketika terjadi perselihan diantara anggota keluarga maka anggota keluarga cepat memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan nafsu amarahnya.
  • Suami dan istri selalu berdoa dan memohon kepada Allah Ta’ala agar diberikan keluarga yang sakinah mawaddah dan wa rahmah

Dalam sebuah pernikahan suami harus dapat membahagikan istri dan istripun harus dapat membahagiakan suami. Terkadang suami atau istri ada yang bingung bagaimana cara membahagiakan pasanganya. Sebenernya bahagia itu sederhana anda bisa melakukan hal-hal kecil agar pasangan anda bahagia. Namun di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara membahagiakan istri. Bagaimana caranya? baca artikel ini sampe akhir.

Qustom