Tips Langsing dan Sehat Saat Ramadhan

Tips Langsing dan Sehat Saat Ramadhan – Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bulan Ramadhan adalah moment yang tepat. Karena menurut pengalaman saya, yang membuat obesitas itu bukan makan tiga kali sehari, tapi jumlah cemilan (yang seringnya tak terdeteksi jumlahnya) yang kita konsumsi tanpa sadar.

Jadi kala berbuka, makanlah kurma beberapa butir dan air putih, atau semangkuk es buah. Jangan makan apa-apa lagi terutama gorengan, apalagi penggorengan.

Makanlah lagi setelah selesai menunaikan shalat Tharawih. Lanjutkan dengan tadarus, dan tidurlah minimal satu jam setelah makan malam.

Sebelum sahur, lakukan beberapa rakaat shalat Tahajud. Saat sahur konsumsi seperempat porsi nasi, perbanyak sayuran dan protein. Juga buah dan air putih.

Perbanyak sholat sunah seperti sholat Dhuha, dan sholat sunnah Rawatib. Sholat adalah olah raga batin dan raga yang paling manjur dan menyehatkan.

Timbang kembali badan kita setelah selesai Ramadhan. Lalu timbang lagi setelah tujuh hari lebaran. Akan terlihat perbedaan berat badan yang signifikan.

Selamat mencoba. Kalau berat badan tak turun juga, bersyukurlah, minimal badan lebih sehat dan metabolisme lancar. Bertubuh besar bukan masalah karena berjiwa besar jauh lebih penting.

Leave a Comment