tempat-wisata-jambi

Tempat Wisata di Jambi Keren-Keren Ini Bikin Kamu Betah Untuk Berlama-Lama

tempat-wisata-jambiTempat Wisata di Jambi – Jambi merupakan sebuah wilayah yang terkenal dalam literatur jaman dahulu. Nama kota ini sering disebut dalam berita dan prasasti Tiongkok. Ini adalah bukti bahwa, orang China sudah lama memiliki hubungan dengan Kota Jambi, yang mereka sebut dengan nama Chan-pei.

tempat wisata di jambi

Kota Jambi terletak di sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di tengah Pulau Sumatera. Kota Jambi merupakan salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang nama provinsinya sama dengan nama ibukotanya, selain Gorontalo dan Bengkulu.

Perlu anda tau, Dahulu Jambi bagian dari kerajaan melayu yang pusatnya sepanjang sungai batang hari, dengan pusat pemerintahan di Dharmasraya Sumbar, ilmu sejarah menulis kejadian ekspedisi pamalayu dari pemerintahan Singosari dan penyerahan arca amongshapasa yang didirikan dipusat pemerintahan Melayu Dharmasraya saat ini tersimpan di museum Nasional Jakarta, awalnya kata melayu bukan merujuk etnis akan tetapi adalah nama kerajaan yaitu Melayu yang didirikan etnis Minang.

Berbicara mengenai Tempat wisata yang ada di Jambi, kota jambi sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat menari, bila anda ingin berlibur ke suatu daerah disinilah tempat yang pas, dijamin anda tidak akan kecewa tapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan keluarga ataupun rekan anda dijamin liburan kalian akan lebih mengasikkan.

Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

  • Tempat Wisata Gunung Kerinci Jambi

Tempat Wisata Gunung Kerinci Jambi
Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang mempunyai ketinggian sekitar 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi paling tinggi se Asia Tenggara. Gunung Kerinci ini berada di area perbatasan antara provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi.

Gunung ini mempunyai berbagai julukan diantaranya yakni Gunung Korinci, Gadang dan Berapi Kurinci, serta Puncak Indrapura. Gunung yang masuk ke dalam jenis Strato Vulcano ini secara administrasi terletak di daerah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Apabila anda mendaki gunung kerinci dan bisa sampai di puncak gunung maka anda akan melihat panorama kawah yang begitu luar biasa. Luas kawah yang berada di puncak Gunung Kerinci ini berukuran 400 x 120 meter persegi dengan tingkat kedalaman bisa mencapai 600 meter.

Sedangkan di bagian utara, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento ini mempunyai air yang jernih dan bersih, yang seakan-akan belum pernah disentuh oleh tangan manusia.

Letak Gunung Kerinci terbilang cukup mudah dijangkau, dimana letaknya berada di Desa Kersik Tuo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, Provinsi Jambi.

  • Tempat Wisata Danau Belibis Jambi

Tempat Wisata Danau Belibis Jambi
Danau belibis ialah danau yang berada berdekatan dengan gunung ayam. Danau Belibis merupakan danau kecil yang seluruh permukaan airnya hampir tertutupi oleh belibis-belibis yang hidup di daerah itu, dan uniknya di tengah-tengah danau tersebut, terdapat pulau yang terapung yang berputar mengelilingui danau tersebut.

Sesuai dengan namanya, danau ini terdapat banyak sekali populasi belibis yang hidup di sekitar danau. Pesona Tempat Wisata Jambi Danau belibis berada di atas ketinggian lebih dari 1000 M diatas permukaan laut tepat terletak di kaki gunung kerinci. Yang menurut letak geografis berada di dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, kec. Kayu Aro Barat, kab. Kerinci, Provinsi Jambi.

  • Tempat Wisata Danau Sipin Jambi

Tempat Wisata Danau Sipin Jambi
Obyek wisata danau Sipin merupakan danau yang berada di Kec. Telanai Pura, Kota Jambi, yang menawarkan pemandangan alam yang menenangkan, tidak heran apabila danau Sipin telah menjadi tempat favorit untuk melepaskan lelah sehabis seharian bekerja, apabila kamu ke sini maka jangan kaget jika kamu akan menemui banyak sepasang kekasih yang sedang bersantai-santai di dekat danau.

Danau Sipin akan ramai pada saat sore hari, bahkan tidak jarang pula kemacetan terjadi terutama pada saat hari libur tiba, jadi apabila kamu ingin ke tempat ini sangat disarankan agar anda beserta orang tercinta untuk datang lebih awal, di kawasan ini juga sudah ada kursi-kursi yang dapat anda gunakan untuk duduk bersantai.

Selain itu juga apabila ada sedang berada di danau Sipin, anda dapat melihat pemandangan aktivitas warga sekitar yang sedang mengolah keramba ikannya, di tengah danau ini sendiri ada banyak keramba ikan milik warga lokal, di sekitarnya juga terdapat rumah panggung yang biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat para pencari ikan, tidak hanya itu, danau Sipin juga mempunyai pemandangan sunset yang sangat indah, dan sangat cocok untuk kamu saksiskan bersama pasangan agar suasana kencan makin romantis.

  • Tempat Wisata Air Terjun Sigerincing Jambi

Tempat Wisata Air Terjun Sigerincing Jambi
Tempat Wisata Air terjun Sigerincing merupakan air terjun yang berada di Desa Tuo, Kec. Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 62 meter. Air terjun Sigerincing bersumber dari sungai siau yangg berhulu di gunung masurai. airnya yang masih sangat jernih sehingga dapat diminum langsung tanpa harus di masak terlebih dahulu, di bawah air terjun Sigerincing terdapat juga lubuk larangan yang terdapat beberapa jenis ikan.

Apabila anda ingin berkunjung ke air terjun segerincing ini anda tidak perlu capek-capek karena anda bisa menggunakan kendaraan roda 4 dan 2 bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun Sigerencing juga pas untuk tempat liburan bersama keluarga, dengan banyak batu-batu besar di sekitar air terjun ini yang dapat di jadikan sebagai tempat bersantai dan makan-makan.

  • Tempat Wisata Danau Kerinci Jambi

Tempat Wisata Danau Kerinci Jambi
Danau kerinci adalah salah satu tempat wisata di Provinsi Jambi yang terbilang cukup populer. Danau ini ialah danau paling luas kedua yang ada di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Luas danau Kerinci bisa mencapai 4.200 Ha dengan kedalaman mencapai 110 meter. Danau ini diperkirakan berasal dari letusan gunung berapi dan juga pegunungan bukit barisan yang berada di sepanjang Pulau Sumatera.

Di danau kerinci, Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang menarik dan juga seru. Misalnya seperti Memancing ikan, bermain air, hingga berenang, semuanya dapat Anda lakukan di danau kerinci. Kondisi danau ini termasuk masih cukup asri.

Air di danau ini masih belum tercemar, sehingga masih cukup banyak ikan yang hidup di danau ini. Bagi Anda yang hobi memancing, maka danau kerinci adalah surga bagi Anda.

Lokasi Danau Kerinci ada di Kab, Kerinci, Jambi, lebih tepatnya di Kaki Gunung Raja. Danau kerinci membentang luas mengitari kaki gunung raja sepanjang lebih dari 70 KM.

  • Tempat Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi

Tempat Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi
Taman Nasional ini adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Taman Nasional yang satu ini terbentang di 4 provinsi besar yang berada di Pulau Sumatera yakni Provinsi Jambi,  Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Taman Nasional ini mempunyai koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari pada yang lain. Di taman nasional ini, Anda akan disugukan keindahan alam hutan hujan tropis Indonesia yang disertai berbagai macam satwa liar yang sudah hampir punah.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki suasan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup namun juga pesona Danau Kerinci dan Gunung Kerinci yang semakin menambah kesan asri.

  • Tempat Wisata Danau Gunung Tujuh Kerinci Jambi

Tempat Wisata Danau Gunung Tujuh Kerinci
Danau Gunung Tujuh Kerinci adalah sebuah wisata danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya terletak di puncak Gunung Kerinci. Taman Nasional Seblat merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di pulau Sumatera dan merupakan sebuah wilayah yang telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Berwisata ke tempat tempat yang bertajuk alam bebas memang selalu terlihat menarik. Apabila berbicara tentang wisata yang bertema Alam, Negara Indonesia selalu hadir dalam deretan teratas wilayah yang mempunyai panorama alam yang luar biasa.

Hampir di setiap daerah mempunyai spot terbaik nya sendiri dalam menghidangkan pesona keindahan alam. Seperti hal nya wisata yang terletak di Jambi ini, Danau Gunung Tujuh Kerinci menyimpan satu juta eksotisme yang dapat membuat mata terasa segar.

Danau Gunung Tujuh Kerinci berlokasi di Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya agak sedikit jauh, dimana dari pusat Kota Jambi menuju lokasi wisata kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai tempat wisata yang ada di Jambi, semoga bisa bermanfaat. Jika musim liburan tiba, anda boleh melakukan kunjungan wisata di Jambi. Ada banyak sekali tempat wisata yang dapat anda kunjungi anda tinggal memilih tempat yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga anda.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang tempat wisata yang ada di Jambi. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

2 pemikiran pada “Tempat Wisata di Jambi Keren-Keren Ini Bikin Kamu Betah Untuk Berlama-Lama

Tinggalkan komentar