persaingan-bisnis

Bagaimana Seharusnya Memaknai Persaingan Bisnis atau Usaha ?

Persaingan Bisnis atau Usaha – Sebuah persaingan tidak bisa lepas dari kehidupan kita, bahkan sebelum anda lahir ke dunia ini pun anda mengalami sebuah persaingan. Hadapilah persaingan dengan positif dan pikiran yang jernih, tak perlu malu ataupun minder ketika kalah dalam sebuah persaingan.

Persaingan Bisnis atau Usaha

Ketika adanya sebuah persaingan maka akan muncul hal-hal baru dan ide-ide baru yang mungkin sebelumnya belum pernah terpikiran. Selain itu dengan adanya persaingan maka sumber daya manusia pun akan meningkat. Maka maknai sebuah persaingan dengan pikiran positif.

Dalam sebuah bisnis persaingan adalah hal yang wajar, bahkan hampir tidak ada bisnis yang tidak mempunyai saingan. Misalkan bisnis tersebut belum memiliki saingan dapat dipastikan beberapa tahun kedepan bisnis yang semula tidak mempunyai saingan berubah menjadi memiliki saingan.

Maknai Persaingan Bisnis atau Usaha sebagai ajang untuk menjadi pebisnis yang tangguh. Pebisnis tangguh muncul karna ia sanggup menyelesaikan masalah-masalah berat yang ia hadapi. Dalam sebuah Persaingan bisnis juga memiliki manfaat positif entah itu untuk pebisnisnya ataupun untuk bisnisnya sendiri. Lalu apa saja manfaatnya?

Manfaat Persaingan Bisnis atau Usaha

 Munculnya Ide Pemikiran Inovatif

persaingan-bisnis

Apakah anda sadar? Dengan adanya Persaingan Bisnis atau Usaha anda akan mampu berpikir lebih inovatif dan kreatif dalam menjalankan bisnis anda bahkan nantinya dengan adanya persaingan anda dapat menemukan ide-ide bisnis baru. Selain itu dengan ide-ide baru tersebut anda akan menemukan bagaimana cara mememenangkan persaingan tersebut.

Dapat Meningkatkan Pelayanan.

persaingan-bisnis

Banyak sekali karakter para pengusaha pemula ketika bisnisnya mulai bertumbuh dan berkembang justru malah mengurasi kualitas pelayanan kepada konsumen. Ketika bisnisnya masih sepi orderan ia sangat hati-hati sekali untuk menjaga konsumennya karna mungkin mindsetnya “Gue butuh Duit Lo“.

Akan tetapi ketika bisnisnya sudah mulai bertumbuh, omsetnya bertambah, terkadang mereka lalai dengan pelayanan yang mereka berikan. Dengan pelayanan yang menurun mungkin mindsetnya berubah yang semula “Gue Butuh Duit Lo” sekarang menjadi “Kalo lo ga beli masih ada pembeli lain yang mau beli produk gue“.

Untuk mengatisipasi hal demikian maka diperlukannya persaingan usaha. Dengan adanya persaingan usaha maka dapat dipastikan perilaku konsumen akan cepat sekali berubah. Ketika para konsumen diperlakukan tidak baik maka ia akan segera pindah ke lain hati (Membeli produk kompetitor)

Jika konsumen sudah mulai membeli produk kompetitor maka hanya ada 2 pilihan Bisnis Mati atau Tingkatkan Pelayanan? Jika pengusaha pemula tadi tidak ingin bisnisnya mati maka ia harus meningkatkan kualitas pelayanannya kembali. Peningkatan Pelayanan tidak akan muncul ketika tidak ada persaingan dalam usaha.  Maka dari itu persaingan usaha sangatlah penting sekali.

Dapat Lebih Mengenal Pelanggan

persaingan-bisnis

Semakin tingginnya sebuah persaingan, maka akan semakin banyak informasi yang anda dapatkan tentang bagaimana selera yang pelanggan anda sukai.

Ketika para konsumen sudah mulai hilang satu persatu dan beralih berpindah membeli produk kompetitor, itu tandanya teknik baru untuk menarik pelanggan telah mereka temukan dan bekerja dengan efektif.

Untuk itu, sebagai seorang pengusaha anda haruslah mengenal lebih dekat dengan pelanggan anda, dalam artian anda harus mempelajari dan menemukan strategi baru untuk menarik pelanggan agar bisnis yang anda kelola dapat lebih sukses dibandingkan kompetitor.

Akan Menciptakan Motivasi yang Lebih Tinggi

persaingan-bisnis

Apabila kita ingin memenangkan sebuah persaingan, maka anda haruslah menjadi orang yang memiliki motivasi tinggi untuk menjadi seorang pebisnis sukses dan tangguh. Ketika motivasi anda rendah maka anda akan susah untuk memenangkan sebuah Persaingan Bisnis atau Usaha

Dengan mempunyai motivasi yang tinggi, anda akan lebih berusaha sebaik mungkin agar jangan sampai gagal dalam membangun sebuah bisnis yang sedang dijalankan selama ini. Ketika bisnis anda gagal maka otomatis anda akan berusaha lebih keras lagi untuk membangun bisnis anda dari awal.

Dengan adanya sebuah persaingan usaha maka anda akan selalu terpacu untuk berpikir menciptakan sebuah solusi terbaik demi memuaskan pelanggan anda. Sehingga motivasi anda akan bangkit kembali dengan seketika.

Banyak Pelajaran Yang Diambil

Banyak sekali pelajaran yang dapat anda ambil ketika anda mengalami sebuah persaingan usaha antara lain :

Memangkas Waktu dan Biaya.

Persaingan bisnis atau usaha

Jadikanlah kesuksesan orang lain agar anda terus belajar lebih banyak lagi. Belajar dari kesuksesan orang lain sangatlah perlu karna anda tak perlu lagi mengalami kegagalan demi kegagalan yang telah mereka alami sebelumnya.

Tak ada kesuksesan tanpa kegagalan apabila anda belajar dari orang yang sudah teruji sukses maka anda akan memangkas waktu dan biaya. Anda tak perlu lagi mengulangi kegagalan yang telah mereka lakukan sehingga anda dapat menggunakan waktu dan biaya anda untuk belajar hal yang lain lagi.

Belajar dari kegagalan.

Persaingan bisnis atau usaha

Apabila anda kalah dalam persaingan tersebut maka akan ada pelajaran penting yang anda ambil dari kegagalan tersebut. Tak ada kegagalan tanpa pelajaran jadikan pelajaran sebagai pengalaman yang paling berharga.

Gagal adalah hal yang wajar akan tetapi jika anda gagal namun tidak bangkit kembali maka itu adalah hal yang tidak wajar. Jangan menganggap para pengusaha yang sekarang sukses tidak pernah gagal, jika anda tanya kepada mereka berapa kali mereka gagal dalam menjalankan bisnis maka mereka akan tanya balik “Mau dengar cerita gagal saya yang mana?”

Dengarkan Nasehat Dari Pengusaha Sukses Jamil Azzaini

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Memaknai Persaingan Bisnis atau Usaha. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang bagaimana seharusnya Memaknai Persaingan Bisnis atau Usaha. Jadikan Persaingan Bisnis atau Usaha sebagai media pembelajaran agar bisnis terus berkembang dan bertumbuh.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Memaknai Persaingan Bisnis atau UsahaPersaingan Bisnis atau Usaha. Pastikan anda mendapatkan satu ilmu sebelum menutup halaman ini. Jika anda kembali ke web penulisngapak.com, kami pastikan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda.

“Penulisngapak.com menulis untuk umat”

Satu pemikiran pada “Bagaimana Seharusnya Memaknai Persaingan Bisnis atau Usaha ?

Komentar ditutup.