Klaim!

Di pos ronda, Jupri dan Hendro terlibat obrolan singkat seputar Indonesia tercinta. Sesekali terdengar mereka tertawa dan menangis bersama. Romantis sekali. Suasana semakin romantis saat sebuah station televisi menayangkan scandal cinta cicak vs buaya yang tengah hangat diperbincangkan .

“eh, Ndro! Omong punya omong nih, menurut survey yang nggak pernah dilakukan. Ternyata, Indonesia adalah negara yang produknya paling banyak di klaim bangsa asing. Parahnya lagi bukan cuma pulau, budaya, tarian, alat musik dan masakan doang yang di klaim. Tapi bini gue juga di klaim, Ndro!” kata Jupri dengan penuh emosi.

“ah masa sih, bang? Kok bisa?” tanya Hendro tak percaya.

“ceritanya, bulan lalu gue sama bini second honeymoon ke Turki. Nah, bini gue pake baju batik. Batik asli dari Cirebon. Lagi asyik jalan berdua, eeh tiba-tiba ada tukang kain nunjuk-nunjuk bini gue sambil bilang ‘yasalam, ini dia kepunyaan Turki. negara ana!’. Terang aje gue emosi. Langsung gue beri dia jurus cocor bebek. Mukegile! Mentang-mentang bini gue asli Indonesia!”

Mendengar cerita Jupri, Hendro tertawa sambil memegang perutnya.

“Parah lu, Bang! Itu mah bukan bini abang yang diklaim! Hahaha!”

“terus ape dong?”

“batik Cirebonnya yang diklaim, Bang! Hahaha!”

Jupri tersenyum teringat istrinya.

“aku cinta produk Indonesia!” gumam Jupri.